oleh

BPBD Seluma Gelar Sosialisasi Psikosial PMKS Bagi Korban Bencana

Seluma.seribufakta.com.Tanjung Agung kecamatan seluma barat salah satu desa yang terdapat di wilaya kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma yang sering sekali terjadi bencana banjir disaat musim hujan lebat dan cukup lama,Kamis (15/10/2020).

BPBD  Kabupaten Seluma menjadwalkan sosialisasi Pelayanan Psikosial bagi PMKS di trauma centre bagi korban bencana di Desa Tanjung Agung kecamatan seluma barat Kabupaten Seluma dan bertempat dikantor desa.

Sosialisasi ini di buka langsung oleh kepala pelaksana BPBD Kabupaten Seluma Arben Baktiar,MSI.dalam sambutan dan pembukaan sosialiasi terkait bencana alam,kepala pelaksana BPBD juga tergabung dalam tim gugus covid-19 juga tidak lupa selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan terkait covid-19 dan membagikan beberapa masker kepada tamu undangan yang hadir.

Selain itu Reza Mustadi, S.IP selaku PPTK dan kepala bidang rehabilitas dan rekonstrusi ibu Novi Eka Erianti, S.sos.MSI serta rombongan,sosialisasi ini menyampaikan beberapa point terkait kesiap siaga’an masyarakat dalam menghadapi bencana alam serta penaggulangan setelah paska terjadinya bencana.

Kami dari BPBD mempunyai program / kegiatan sosialisasi rutin dalam rehabilitasi dan kunstruksi masalah bencana serta penanggulangan bencana.”Bencana bukanla akhir dari segalanya” ungkap Novi Eka Erianti.

Kepala bidang bencana Kabupaten Seluma beliau juga menyampaikan untuk korban bencana silakan melapor ke pemerintahan desa terkait kerugian yang di alami pada saat terjadinya bencana.

Sosialisasi ini di jadwalkan selama 2 hari terhitung mulai tanggal 15-16/10/2020 dengan agenda hari pertama penyampaian dan pemaparan masalah bencana alam serta pemaparan cara menghadapi bencana dan hari berikutnya jum’at akan di adakan pelaksanaan “OUTBOND”( outbond itu sendiri merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa takut dan stres yang terjadi di masyarakat paska bencana khususnya bagi anak-anak serta melatih masyarakat untuk selalu membangun kekompakan dalam kemasyarakatan serta selalu menjaga sifat gotong royong”.dengan adanya sosialisasi ini mudah-mudahan bisa memberi memfaat bagi masyarakat kami,ungkap kades Tanjung Agung.

Masyarakat juga sangat antusias megikuti pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut serta menyampaikan beberapa pertanyaan terkait cara penanggulangan bencana dan sesudah terjadinya bencana alam.

Wakil dari karang taruna dan wakil masyarakat yang daerah pemukimanya sering terjadi paska bencana banjir juga menyambut riang serta unsur pemerintahan desa.”kami sangat berterimah kasih kepada BPBD Kabupaten Seluma yang mana sudah menjadwalkan sosialisasi masalah bencana di desa kami ini dan memberikan pengetahuan masalah bencana dan penanggulangan bencana serta paska setelah terjadinya bencana.ungkap Dodi Herni selaku kepala desa Tanjung Agung Dalam.

Kades Dodi Herni juga menyampaikan beberapa hal yang sering terjadi penyebab terjadinya bencana banjir yang melanda desa kami ini beberapa waktu lalu salah satuhnya adalah kurang lancarnya aliran sungai ketika terjadinya paska banjir oleh karna itu lewat sosialisasi ini kami juga menyampaikan kepada BPBD Kabupaten Seluma untuk kedepanya supaya bisa memberikan solusi terkait masalah dasar terjadinya luapan air sungai ketika terjadinya musim hujan yang sangat lebat dan cukup lama di desa kami ini.(Arzan) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed