oleh

12 Dokter Internsip Bertugas di Seluma Selama 6 Bulan

Seluma.seribufakta.com – Asisten Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Seluma Marhakidinata, S.Pd., M.Pd. didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawalludin, S.Sos. dan Direktur RSUD Tais dr. Wiwin Herwini menerima kedatangan dokter internsip sebanyak 12 orang yang akan mengabdi di Kabupaten Seluma selama 9 bulan, Kamis (19/11/2020) di ruang rapat Bupati Seluma.

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Seluma Marhakidinata, S.Pd., M.Pd. menyambut baik dan mengucapkan selamat datang di Kabupaten Seluma kepada para dokter internship serta memberikan arahan agar para dokter muda ini dapat bekerja dengan ikhlas didalam menjalankan tugasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawalludin, S.Sos. menyampaikan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Program Internsip Dokter dan Dokter Gigi Indonesia.”PIDI merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang kesehatan”, ujarnya.

Program Internsip Dokter Indonesia merupakan proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Untuk pelaksanaan tugas di Rumah sakit ditekankan kepada Upaya Kesehatan Perseorangan sedangkan untuk penugasan di Puskesmas lebih ditekankan kepada Upaya Kesehatan Masyarakat.

“12 dokter internship ini akan melaksanakan pengabdian selama 9 bulan dengan ketentuan akan di rotasi masing-masing selama 3 bulan baik di Rumah Sakit Umum Daerah Tais maupun di 4 Puskesmas yang menjadi wahana penugasan PIDI di Kabupaten Seluma”, ujar Rudi Syawalludin.

Kasi SDMK Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Aldi Ramon, S.K.M., M.P.H. mengatakan bahwa para dokter internsip ini berasal dari berbagai Universitas di Indonesia yaitu Universitas Methodist Medan (3 orang), Universitas Baiturahma Padang (5 orang), Universitas Batam (1 orang), Universitas Riau (1 orang) dan Universitas Andalas Padang (2 orang).

”Dalam upaya mendukung pelaksanaan program tersebut Pemerintah Kabupaten Seluma memberikan beberapa fasilitas diantaranya Rumah Tinggal, Kendaraan Dinas serta insentif daerah “. Jelas Aldi Ramon.(Adv/Pram) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed