oleh

Benteng.seribufakta.com – Seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Indonesia secara serentak membuka pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Senin (1/5/2023).

Pendaftaran Bacaleg tersebut akan terus dibuka hingga Minggu (14/5/2023) pada pukul 23.59 WIB mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Bengkulu Tengah Brotoseno menjelaskan, pada hari pertama pembukaan pendaftaran Bacaleg di Kabupaten Bengkulu Tengah, sebanyak 5 partai politik (Parpol) telah melakukan aktivasi akun.

“Hari ini belum ada parpol yang mendaftarkan bacalegnya melalui aplikasi Silon, tetapi sudah ada 5 parpol yang mengaktivasi akun di Silon,” ujar Brotoseno.

Untuk aktivasi akun, berawal dari admin silon partai di tingkat pusat dengan cara meminta akun di KPU RI.

Setelah mendapatkan akun, Admin parpol di tingkat pusat akan langsung memasukkan data admin parpol di setiap Provinsi hingga Kabupaten/Kota.

Kemudian, admin parpol di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota harus membawa data diri ke KPU Provinsi Kabupaten Kota untuk meminta aktivasi akun.

“Kalau data admin parpol yang dimasukkan oleh admin parpol tingkat pusat sesuai dengan berkas yang ditunjukkan admin parpol tingkat Kabupaten, baru lah kita akan mengaktifkan akun admin parpol tersebut,” terang Brotoseno.

Nantinya, admin silon parpol inilah yang mengupload seluruh dokumen pengajuan bacaleg melalui aplikasi silon tersebut.

“Hari pertama ini baru lima parpol yang akunnya telah aktif, terdiri dari Partai Hanura, PKS, PSI, Perindo dan partai Nasdem,” ungkapnya.

Sedangkan berkas fisik yang diantarkan ke kantor KPU Bengkulu Tengah hanya berkas pengajuan parpol dan daftar bacaleg yang dilengkapi dengan foto bacaleg serta dokumen persetujuan.

“Kalau untuk berkas syarat untuk setiap calon tidak perlu diantarkan ke KPU, cukup diupload di aplikasi silon saja,” kata Brotoseno.(Nahnu/Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *