oleh

Desa Sukamaju Penarik Rekrut Perangkat Desa Secara Terbuka dan Transparan

Penarik.seribufakta.com – Desa Sukamaju Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko yang merupakan salah satu desa eks transmigrasi telah merampungkan tahapan rekruitmen calon perangkat desa unsur kewilayahan atau yang lebih lazim disebut Kepala Dusun.

Perekrutan perangkat desa unsur kewilayahan ini dilakukan sebagai wujud komitmen pemerintah desa dalam memenuhi Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa Sukamaju sehingga semakin efektif dalam melakukan pembinaan. pemberdayaan dan pelayanan masyarakat.

Apabila tanpa adanya kepala dusun atau perangkat kewilayahan, maka semua urusan masyarakat langsung ke kepala seksi atau ke kepala urusan bahkan langsung ke Kepala Desa dan ini dirasa kurang maksimal public excellentnya.

Perekrutan perangkat desa tersebut diikuti oleh calon perangkat desa dan tahapan rekruitmentnya ialah melalui pembentukan panitia perekrutan, pengumuman, penyampaian berkas lamaran, ujian kompetensi tertulis, interview wawancara dan yang terakhir pengumuman kelulusan.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh kepala desa sukamaju Sutarto Selasa 11/8) 2020 di ruang kerjanya bahwa pembukaan perekrutan perangkat desa ini menjadi bagian dari komitmen kami pemerintah desa sukamaju dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Begitu juga unsur kewilayahan kami bentuk juga merupakan dukungan kami terhadap regulasi SOTK Pemerintahan Desa yang telah ditetapkan oleh pemerintah kabupaten mukomuko.

Perekrutan ini juga kami lakukan dengan tahapan tahapan yang prosedural sebagaimana diatur didalam peraturan perundang undangan serta digelar secara terbuka shingga hanya putra putri terbaik warga Desa Sukamaju saja yang memiliki kompetensi baik yang nantinya diterima sebagai perangkat desa dan dinyatakan lulus oleh panitia seleksi.

Kita sangat terbuka dan tidak ada permainan titip titipan dalam rekruitmen ini. Selain itu, kita juga melakukan tahapan interview terhadap calon perangkat desa ini agar terdeteksi atau tergambar, sbnarnya apa tujuan mereka mnjadi perangkat desa dan setelah jadi, apa yang akan dilakukannya. Apabila setelah terpilih jadi perangkat desa dan sudah dilantik, namun dalam pekerjaannya kedepan nanti tidak mampu menunjukkan prestasi kerja yang baik, maka tidak segan segan kami akan lakukan reshufle atau bahkan pergantian ulang. Hal ini saya lakukan karena saya selaku kepala desa menghendaki adanya prestasi masing masing perangkat desa dalam memajukan desa dengan inovasi dan kreasi yang dimilikinya “Demikian diungkapkan Sutarto ke redaksi seribu fakta.

Selain ketua panitia rekruitmen perangkat desa menyampaikan bahwa dalam rekruitmen ini dilaksanakan secara terbuka. Hingga pendaftaran ditutup ada sebanyak warga masyarakat yang mendaftarkan diri dan sudah dilakukan test tertulis pada bulan agustus 2020 ini di Kantor Desa Sukamaju. Setelah melalui rangkaian tahapan rekruitmen maka terpilihlah beberapa yang menjadi perangkat desa unsur kewilayahan tersebut.

Alhamdulillah dalam rekruitmen ini masuk terpilih juga dari unsur kesetaraan gender saudari Sri Rejeki, S.Pd sebagai salah satu Kepala Dusun diungkapkan oleh ketua panitia.

Purwanto Haho selaku ketua BPD Desa Sukamaju mengapresiasi kinerja pemerintah desa dan jajaran panitia yang telah bekerja maksimal dalam merekrut perangkat desa ini, alhamdulillah sudah berjalan sebagaimana mestinya yang diatur didalam peraturan perundang undangan, semoga perangkat desa yang terpilih ini mampu mengemban amanah dengan baik dan kami akan terus menjalankan tugas fungsi kami semaksimal mungkin demi kemajuan desa. Ujar kades. (Bbng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed