oleh

Bank Bengkulu dan Dinas Koperasi,UMKM kota Bengkulu Bergandengan Tangan untuk Mengembangkan UMKM

Bengkulu.seribufakta.com – Bank Bengkulu dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu telah bergandengan tangan dalam upaya bersama untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah ini, Rabu (18/10/2023).

Kolaborasi inovatif ini telah menghasilkan sebuah peristiwa luar biasa yang dikenal sebagai “Semarak UMKM.” Bank Bengkulu, yang selalu dikenal mendukung kegiatan UMKM, terutama yang ada di Kota Bengkulu, telah menyelenggarakan kegiatan ini selama 4 hari, mulai dari tanggal 18 hingga 22 Oktober 2023, yang berpusat di atrium Bencoolen Mall.

“Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Bengkulu. Expo ini adalah wujud dari kerja sama antara Bank Bengkulu dan Dinas Koperasi Kota Bengkulu untuk memberdayakan UMKM melalui kolaborasi inovatif, ” Jelas Kepala Bagian Pemasaran Bank Bengkulu Cabang Utama, Budi Srianto.

Salah satu fokus utama Bank Bengkulu adalah mempermudah akses UMKM ke modal yang mereka butuhkan. Bank ini memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan plafon pinjaman minimal Rp 100 juta ke atas, yang tentunya harus disertai jaminan.

Selain itu, program Kredit Usaha Mikro (KUM) tidak memiliki pembatasan plafon. Budi Srianto menekankan, “Bank Bengkulu selalu mendukung program pemerintah dalam kredit usaha rakyat.”

Hingga saat ini, sekitar 100 UMKM di Kota Bengkulu telah berhasil mengakses permodalan melalui program-program tersebut.

Tidak hanya membantu dalam hal permodalan, Bank Bengkulu juga memperkenalkan produk terbarunya, yaitu “BaBe Cash.” Produk ini dapat digunakan untuk pembayaran tol dan parkir di bandara, memudahkan nasabah Bank Bengkulu dalam berbagai transaksi sehari-hari.

Semarak UMKM merupakan contoh nyata dari upaya bersama untuk mengembangkan UMKM dan meningkatkan daya saing mereka. Expo UMKM ini berlangsung hingga tanggal 22 Oktober 2023, dan diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi UMKM di Kota Bengkulu.

Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan ekonomi lokal dan memberikan peluang lebih besar bagi UMKM di Bengkulu. Bank Bengkulu dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu berharap bahwa kolaborasi ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi komunitas UMKM.

Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Pemkot Bengkulu, Rosminiarti, menyampaikan harapannya terhadap kegiatan ini. Rosminiarti berharap kolaborasi ini akan memperkuat sinergitas, kolaborasi inovatif, dan daya saing dalam pemberdayaan UMKM di Kota Bengkulu. Ia menyatakan, “Ini salah satu cara bagi kita untuk memajukan UMKM.

Pemerintah Kota Bengkulu sepenuhnya mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan UMKM, yang dianggap sebagai tulang punggung perekonomian lokal. Dengan adanya Semarak Ekspo UMKM, diharapkan UMKM di Kota Bengkulu akan semakin berkembang dan dapat bersaing secara lebih efektif di pasar yang semakin kompetitif.

Kolaborasi antara Pemkot Bengkulu, Bank Bengkulu, dan berbagai pihak terkait diharapkan akan memberikan dampak positif yang nyata bagi para pelaku UMKM di wilayah ini. Semarak Ekspo UMKM adalah bukti konkret dari komitmen bersama untuk memperkuat ekonomi lokal dan memberikan peluang bagi pertumbuhan UMKM di Kota Bengkulu.(adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *