oleh

Bertambah 2 Orang Prov Bengkulu Positif Covid-19

Bengkulu.seribufakta.com – Pasien Positif Covid-19 di Bengkulu bertambah satu orang. Dengan begitu, hingga hari ini, Kamis (2/4/2020) total warga Bengkulu positif menjadi dua orang.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, yang mengumumkan satu orang karyawan Bank Bengkulu dinyatakan terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona jenis baru atau COVID-19.

“karyawan Bank Bengkulu yang dinyatakan positif COVID-19 ini merupakan laki-laki usia 55 tahun yang merupakan warga Kota Bengkulu,”ujarnya

Kata Herwan, karyawan Bank Bengkulu tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit M Yunus (RSMY) Bengkulu.

Sementara, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu telah menerima hasil uji swab atas sampel dahak Karyawan Bank Bengkulu tersebut, Rabu malam (1/4) dari laboratorium Balai Besar Kesehatan di Palembang, Sumatera Selatan.

“Hasil laboratorium dari Palembang itu kita terima kemarin sekitar pukul 19.26 WIB dan hasilnya menyatakan bahwa yang bersangkutan positif COVID-19,” jelasnya

Diceritakan Herwan, karyawan Bank Bengkulu yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut mengalami demam, batuk dan sesak nafas setelah pulang dari Jakarta pada 14 Maret lalu.

Di Jakarta karyawan Bank Bengkulu ini diketahui memiliki riwayat kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Karyawan Bank Bengkulu yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut tiba di Kota Bengkulu melalui bandar udara Fatmawati Soekarno,”sebutnya

Setelah mengalami demam, batuk dan sesak nafas, karyawan Bank Bengkulu yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan disalah satu dokter praktek di Kota Bengkulu.

Kemudian pada 26 Maret lalu, karyawan Bank Bengkulu yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut mendatangi posko COVID-19 di RSMY Bengkulu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Petugas medis di posko COVID-19 tersebut melakukan pemeriksaan radiologi dan hasilnya menunjukkan ada pneumonia.

Namun pihak posko COVID-19 tidak meminta karyawan Bank Bengkulu tersebut untuk dirawat. Ia hanya diminta melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari.

Kendati demikian pihak posko COVID-19 tetap mengambil sampel dahak dan mengirimkannya ke laboratorium Balai Besar Kesehatan di Palembang, Sumatera Selatan pada 27 Maret lalu.

“Pihak posko COVID-19 sudah memberikan petunjuk bagaimana cara dan apa yang harus dilakukan selama yang bersangkutan menjalani karantina mandiri di rumahnya,” papar Herwan.

Dengan adanya penambahan kasus konfirmasi COVID-19 ini membuat total kasus konfirmasi COVID-19 di Bengkulu menjadi dua kasus.

Kasus konfirmasi positif COVID-19 sebelumnya diumumkan beberapa hari lalu oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Berikut data terkini (per 2 April 2020) perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu: 313 ODP, 7 PDP, 69 Sehat dan 2 orang dinyatakan Positif Covid-19.

Adapun rincian di masing-masing Kabupaten/ Kota Se-Provinsi Bengkulu yakni:

1. Kota Bengkulu (61 ODP, 5 PDP dan 2 Positif Covid-19);

2. Bengkulu Tengah (28 ODP);

3. Bengkulu Utara (61 ODP dan 1 PDP);

4. Mukomuko (76 ODP);

5. Lebong (8 ODP);

6. Rejang Lebong (7 ODP);

7. Kepahiang (47 ODP);

8. Seluma (5 ODP);

9. Bengkulu Selatan (9 ODP);

10. Kabupaten Kaur (11 ODP).

(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed