oleh

Buku Bengkulu Hebat Karya Gubernur Rohidin Mersyah

Bengkulu.seribufakta.com – Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Bengkulu mengapresiasi kehadiran buku karangan Gubernur Bengkulu Prof.DR. Rohidin Mersyah yang berjudul “Bengkulu Hebat” dan sekaligus menjadi kado terindah di HUT Provinsi Bengkulu ke 55 Tahun.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, kepada wartawan,Senin (20/11/2023), diruang kerjanya menjelaskan bahwa buku yang ditulis Gubernur Rohidin sangat luar biasa karena sepintas intisari dalam pesan buku Bengkulu Hebat sejatinya menjelaskan Bengkulu itu hebat dalam aspek Sumber Daya Manusia sebagai contoh lahirnya ibu negara pertama Fatmawati asli orang Bengkulu istri Presiden Soekarno yang menjahit bendera sang saka merah putih pertama yang dikibarkan pada saat hari bersejarah Kemerdekaan RI 1945 silam.

“Lalu Bengkulu yang pernah di jajah Inggris dan belanda yang dibuktikan adanya situs bersejarah Benteng Malbrought dan Makam Inggris di Kelurahan Jitra Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu.serta sumber daya alam yang sangat melimpah seperti mas yang ada di Lebong yang kini menjadi ikon Indonesia monumen Nasional atau yang dikenal Monas,” ujarnya.

Itulah kenapa sang penulis ingin memberikan pesan dalam buku Bengkulu Hebat, bahwa sebagai orang Bengkulu harus bangga dengan kehebatan Bengkulu karena potensi yang ada di Bengkulu sangat hebat dan dikenal.”buku ini baru dicetak sebanyak 200 eksemplar dan siap diedarkan pada saat hari puncak peringatan HUT Provinsi Bengkulu ke 55 Tahun.

Tentunya kita berharap generasi Bengkulu dapat menjadikan buku ini sebagai media inspirasi dan kebanggaan untuk sama-sama membangun Bengkulu,” jelasnya.

Saat ini buku Bengkulu Hebat tersebut bisa diakses di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Provinsi Bengkulu.

Buku yang sangat bermakna untuk Provinsi Bengkulu. Dimana karya tersebut langsung kita masukkan menjadi salah satu buku deposit yakni buku yang dikarang orang Bengkulu dan berisikan tentang Bengkulu dimana buku tersebut merupakan karya Pak Gubernur kita,” Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, usai launcing Buku Bengkulu Hebat.

Menurutnya, buku karangan Gubernur Rohidin Mersyah tersebut diyakini dapat menjadi sebuah inspirasi dan semangat bagi seluruh elemen masyarakat, terutama berkaitan dengan upaya pembangunan Provinsi Bengkulu.

Pasca launching ini, buku Bengkulu Hebat yang merupakan karya ke-10 Pak Gubernur sudah bisa diakses di Perpusda.

“Tahap awal, buku tersebut sudah kita cetak sekitar 200 eksemplar dan beberapa diantaranya sudah juga  didistribusikan, kedepan cetakannya  kita tambah. Sedangkan untuk e-booknya atau versi digitalnya, kita masih menunggu izin dari penerbit terlebih dahulu. Yang jelas saat ini buku tersebut sudah bisa diakses atau dipinjam di Perpusda,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan, buku Bengkulu Hebat yang ditulis merupakan karyanya yang ke-10 sejak zaman mahasiswa dahulu.

Dalam buku tersebut, berisikan berbagai keunggulan budaya. Salah satunya seperti kain besurek yàng ada di Bengkulu, serta letak wilayah Bengkulu yang strategis sejak era zaman penjajahan Inggris.

Selain itu, buku ini juga membahas tokoh-tokoh yang ada di Bengkulu, serta pendefinisian arti dari orang Bengkulu yang berkaitan dengañ lahirnya di Bengkulu.

Kemudian, berisi orang-orang yang memiliki hubungan pernikahan dengan orang Bengkulu.

“Isi juga ada orang yang pernah bertugas di Bengkulu dan memiliki peran bersama membangun Provinsi Bengkulu,” terang Rohidin.(Hadi/Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *