oleh

BUMDes Desa Sidodadi Mukomuko Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa

Mukomuko.seribufakta.com – Pemerintah Desa Sidodadi Kecamatan Penarik bakal merencanakan untuk peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Ketua BUMDes Mitra Bersama, Desa Sidodadi, David Setiawan mengatakan, saat ini BUMDes Mitra Bersama sudah berjalan . Hanya saja unit usaha yang dijalankan masih terbatas. Namun pada tahun 2020 pihaknya telah mengajukan proposal untuk menambah modal BUMDes tersebut sebesar Rp 100 juta melalui Dana Desa (DD) nantinya dan pengajuan tambahan anggaran ini sudah disepakati baik oleh BPD Desa Sidodadi maupun Kepala Desa beserta perangkatnya,Rabu 12/2/2020.

“saat ini BUMDes Mitra Bersama sudah memiliki tiga unit usaha yakni, sewa roda empat (Mobil Pick-up), molen, penjualan kripik yang bekerja sama dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Alhamdulillah usaha tersebut sudah berjalan dengan baik, dan tahun ini akan kami tingkatkan lagi.” Ujarnya.

Lebih lanjut, David mengatakan untuk tahun ini BUMDes telah membentuk unit usaha baru yakni BRI-Link, yang merupakan pengalihan dari usaha UED-SP yang berjalan kurang Efektif untuk Desa Sidodadi. Selain itu BUMDes juga akan membuka toko pengembangan pakan dan sarana prasarana peternakan (Poltrishop) serta penjualan bubuk kopi yang akan bekerja sama dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Desa Sidodadi.

Terpisah, Kades Sidodadi, Joko Trisusilo menuturkan, pihaknya tidak akan membatasi modal untuk BUMDes Mitra Bersama ini, karena usaha yang dijalankan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, “karena BUMDes ini kan bisa mengangkat perekonomian desa kedepannya,” terangnya.

Joko berharap, dengan adanya BUMDes ini dapat mengangkat perekonomian desa dan dapat memajukan Desa Sidodadi kedepannya, agar apa yang telah diprioritaskan Pemdes dapat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.(Bbng/AMBO).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed