oleh

BUMDes Karya Maju Mandiri Terus Tingkatkan untuk Menambah PAD Desa

Penarik.serubufakta.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)adalah Badan yang di terbentuk atas inisiasi masyarakat dan pemerintah Desa yang bertujuan untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi serta potensi daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Kegiatannya BUMDes tidak harus selalu berorientasi pada keuntungan keuangan, akan tetapi juga berorientasi untuk mendukung peningkatan masyarakat desa dan menjadi salah satu sumber PAD di masing-masing desa sehingga tujuan di bentuknya Bumdes bukanlah hanya sekedar Lembaga formalitas semata karena pengelolaan BUNDes terpisah dari lembaga pemerintah desa.

Salah satu contoh BUMDes Karya Maju Mandiri desa Sukamaju kecamatan penarik Kabupaten Mukomuko.

Ketua BUMDes Karya Maju Mandiri Mulyadi saat di mintai keterangan oleh media ini via saluran telepon,beliau mngatakan pada tahun 2020 BUMDes Karya Maju Mandiri mendapatkan penyertaan modal dari pemerintah Desa kurang lebih sebesar Rp.100 jt,dan saya menjabat ketua ini menggantikan ketua yang lama.Ujarnya.

Lanjut Mulyadi,awalnya BUMDes bergerak di bidang simpan pinjam tetapi di karenakan banyak dana yg macet,maka setelah BUMDes saya yang menjadi ketuanya, maka beralih program dan sekarang Bumdes bergerak di bidang jual beli Sembako dan manisan dengan cara ngampas keliling bahkan ngampas di pasar-pasar di luar desa sendiri.

Saat ini BUMDes Karya Maju Mandiri telah mmpunyai kendaraan sendiri,kami dapatkan dengan cara kredit tanpa uang Dp dengan angsuran Rp.1,5 jt/bln.

Mobil tersebut kegunaannya untuk ngampas kliling dan sekarang sudah berjalan satu tahun.

Selain itu BUMDes Karya Maju Mandiri juga telah membeli mesin Molen/alat untuk Cor untuk menambah PAD di tahun 2020 kemaren, kami telah setor ke pemerintah desa sebesar kurang lebih Rp.2 jt dan kami akan terus mengembangkan BUMDes Karya Maju Mandiri ini sehingga untuk besaran PAD juga akan bertambah.Pungkasnya.(Bbng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed