oleh

Bupati Choirul Huda 2020 Rumah Adat Mukomuko Segera di Bangun

Mukomuko.seribufakta.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko pada tahun 2020 mendatang berencana akan membangun kembali rumah adat Mukomuko (Putri Beni Alam). Untuk merealisasikan hal ini pemkab telah mengusulkan anggaran Rp 3 miliar untuk APBD 2020 ke anggota DPRD Mukomuko. Rumah adat putri beni alam yang sebelumnya terletak di Lapangan Merdeka Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko pada tahun 2017 dibongkar oleh pemerintah daerah  digantikan dengan pembangunan taman bundaran Kota Mukomuko.

Bupati Mukomuko, Choirul Huda mengatakan bahwa pemkab telah menganggarkan Rp 3 miliar di APBD 2020 untuk pembangunan rumah adat Mukomuko dan saat ini sedang menunggu persetujuan legislatif untuk di sahkan.

“Di tahun 2020 ini pemda anggarkan sekitar Rp 3 miliar untuk pembangunan rumah adat Mukomuko. Rumah adat itu simbol kebanggaan kita. Saya yakin pihak legislatif juga sama-sama menginginkan itu, mudah-mudahan bisa kita maksimalkan. Dan kita akan ajak bicara semuanya, masyarakat dan tokoh adat. Bagaimana bentuk rumah adat kita,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk lokasi rumah adat ini. Rencananya tidak jauh dari Masjid Agung Mukomuko. Namun hal ini akan dibicarakan lebih lanjut dengan tokoh adat dan pihak yang terkait.

“Kita cari tempat yang aman. Lokasi ada gambaran dekat dengan pemda, ya, itu keinginan kita,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi mengatakan bahwa usulan anggaran di KUA PPAS ke dewan untuk pembangunan rumah ada sekitar Rp 3 miliar.

”Kalau usulan kita seitar Rp 3 miliar. Usulan sudah disampaikan kita tinggal menunggu persetujuan dewan. Mudah-mudahan ini disetujui,” harapnya.

Ruri menyampaikan untuk lokasi pembangunan rumah adat ini. Kalau rencana awal itu samping Masjid Agung Kabupaten Mukomuko. Namun ini baru rencana awal.

“Kalau rapat yang sudah di lakukan lokasi pembangunan rumah adat itu tidak jauh dari Masjid Agung. Tapi ini akan dikaji ulang dan akan dilakukan pembahasan lagi bersama pihak-pihak yang terkait,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi Ketua Komisi II DPRD Mukomuko, Antonius Dalle mengungkapkan bahwa usulan untuk pembangunan rumah adat Mukomuko di APBD 2020 sudah di akomodir dan dilanjutkan ke Banggar.

“Ya kalau anggaran untuk pembangunan rumah adat kita akomodir dan akan dilakukan pembahasan dibanggar,” singkatnya. (MC Mukomuko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed