oleh

Bupati Mian Launching Kain Batik Khas BU

Argamakmur.seribufakta.com – Bupati  Bengkulu Utara Ir Mian melaunching kain batik khas Bengkulu Utara di halaman kantor Bupati Bengkulu Utara, Jumat (27/12/2019. Pada kesempatan itu, bupati memperkenalkan beberapa motif batik khas daerah itu.

Batik-batik tersebut memiliki motif unik yang melambangkan kebesaran budaya di Bengkulu Utara.

Kain batik tersebut memiliki corak tulisan kaganga merupakan kearifan lokal di kabupaten Bengkulu Utara dengan mengangkat nilai-nilai luhur keluarga besar rejang yang memang posisinya di Kabupaten Bengkulu Utara dengan filosofi tulisan kaganga.

Juga kolaborasi dengan kearifan lokal alam yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara pulau terluar Enggano terbentuklah Batik Kagano (Kacamata Enggano) dengan motif burung peleci menyimbolkan satu-satunya endemik merupakan ciri khas  di Enggano begitu juga dengan motif batik ular dari Enggano.

Serta dikolaborasikan juga dengan simbol Kota Arga Makmur diangkat dengan motif  simbol Tugu Amanah dan Motif Batik Batu Permata “Red Rafflesia”.

“Semua terkolaborasi dalam Batik Kagano kita akan sosialisasikan agar dapat dikenal oleh masyarakat di Bengkulu Utara maupun di masyarakat luas,” jelasnya.

Pelaunchingan turut dihadiri Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, SE,M.AP Sekretaris Daerah  Kabupaten Bengkulu Utara Dr.Haryadi, S.Pd, MM, M,Si beserta, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara Ny. Eko Kurnia Ningsih Mian,bersama Forkopimda, GOW Bengkulu Utara,dan SKPD Bengkulu Utara.

Sumber: www.bengkuluutarakab.go.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *