oleh

Delegasi Iran Apresiasi Budaya Tabut Bengkulu

Bengkulu.seribufakta.com – Kebudayaan Tabut Bengkulu mendapat perhatian dari negara di dunia, salah satunya dari negara Iran.
Seorang anggota Majelis Ahli Republik Islam Iran, Ayatullah Dr. Mohsen Qummi hadir di Bumi Rafflesia pada Minggu sore (8/9/2019).
Kedatangan seorang Proffesor bidang Filosofi Islam beserta  Direktur Pusat Budaya Islam Dr. Hakimullah Ilahi dan dua orang Asisten nya ini  untuk menyaksikan  perayaan Tabut sekaligus  bersilahturahmi dengan pejabat, tokoh masyarakat dan warga Bengkulu.
Mereka disambut oleh Asisten III Gotri Suyanto beserta Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu di Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu.
Dalam perbincangan di ruang Vip Bandara, Ayatullah Mohsen menyatakan sangat terkesan dan mengapresiasi perayaan Tabut yang dilakukan masyarakat  Bengkulu yang sudah mendunia ini.
Untuk itu, kedatangan merrka dari Iran ingin melihat langsung perayaan Tabut di Bengkulu ini.
Selain itu, mereka juga berencana akan mengisi Seminar Internasional yang diadakan IAIN Bengkulu pada esok harinya (9/9) yang akan membahas tentang Rahasia Keabadian Tabut.
“Kami apresiasi dan sangat tertarik serta senang ada budaya Tabut di Bengkulu ini. Makanya kami datang jauh-jauh dari Iran untuk menyaksikan langsung perayaan Tabut di Bengkulu ini,” sampai Ayatullah Mohsen.
Diungkapkan Ayatullah  Mohsen, perayaan Tabut yang dilakukan di Bengkulu berbeda dengan apa yang dilakukan masyarakat Islam di Iran.
Menurut pakar hubungan Internasional negara Iran ini,  pada ritual Tabut di Bengkulu telah bercampur dengan kombinasi dari berbagai suku dan etnik.
Mereka berharap kehadiran mereka di Bengkulu ini dapat lebih mempererat hubungan masyarakat Iran dengan masyarakat Bengkulu.
Terlebih lagi, ujarnya, adanya kesamaan budaya Iran dan Bengkulu.
Untuk itu,, mereka ingin menjajaki kerjasama dengan pemerintah Provinsi Bengkulu mengenai pengembangan budaya.
“Iran siap membantu dalam bentuk kerjsama pengembangan budaya Tabut dan promosi pariwisatanya secara internasional,” ujarnya.

Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan mengatakan, Pemerintah  Provinsi  Bengkuiu menyambut baik kedaatangan rombongan dari Iran ke Bengkulu ini.
Jaduliwan berharap, kedatangan delegasi Iran ini dapat lebih memeriahkan perayaan Tabut dan dapat memberikan suport bagi kemajuan budaya di Bengkulu ini.
“Pemeintah Provinsi Bengkulu berharap dengan kehadiran delagasi Iran ini dapat menjadi nilai tambah dari festival Tabut serta dapat  membuka kerjasama di bidang pendidikan seni dan budaya,” sampai Jaduliwan, yang fasih berbahasa Inggris ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed