Dinas Dukcapil Mukomuko Gunakan Whatsapp Mempermudah Pelayanan Administrasi Kependudukan

Mukomuko.seribufakta.com – Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko launcing inovasi pelayanan Kuwau Padek (Kupakai Whatsapp Untuk Pelayanan Administrasi Kependudukan).

Inovasi ini guna meningkatkan pelayanan publik dibidang administrasi kependudukan melalui online serta dapat mempermudah masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya.

“Dengan adanya Whatsapp itu, masyarakat nanti bisa mengurus dokumen kependudukannya dari rumah, jadi dengan chat nomor WA itu maka keluarlah nanti persyaratan untuk membuat akte misalnya, KTP atau KIA,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mukomuko Badri Rusli,┬áSelasa (29/10).

Setelah itu, masyarakat bisa mengirim persyaratan pembuatan dokumen kependudukannya itu melalui whatsapp tersebut, lalu masyarakat bisa langsung mendaoatkan dokumennya.

Tujuan dari dibuatnya inovasi ini guna mempesingkat birokrasi serta masyarakat bisa dilayani dengan jarak jauh melalui media sosial whatsapp, jadi masyarakat tidak tidak perlu bolak balik dari rumah ke kantor Dukcapil hanya untuk menanyakan persyaratannya saja.

“Kadang-kadang kita kasihan dengan masyarakat dari daerah yang jauh, tau-tau kesini dan tidak mengerti persyaratannya, baru nanya persyaratan, kan kasihan, balik lagi kesitu, balik lagi kesini, jadi untuk menghindari hal seperti itu, maka diharapkan dengan WA ini mereka sudah memahami persyaratannya dan bisa dilayani dari jauh,” tambahnya.

Selain itu, inovasi ini menjadikan jarak tidak jadi masalah dan pelayanan Dukcapil bisa membahagiakan masyarakat. (Bbng/AMBO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *