oleh

Dinas Perkim Seluma Targetkan 1.000 Unit Rumah Kategori RTLH

Seluma.seribufakta.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Seluma sudah menargetkan 1.000 unit rumah warga yang masuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dari usulan yang telah diajukan Dinas Perkim Seluma, baru 500 unit yang bakal terealisasi.setelah dilakukan verifikasi terhadap 190 unit rumah di akhir 2019 lalu, kemudian bertambah 250 unit dari Program BSPS, serta 6 unit dari Dana APBD dan dari Program DAK Affirmasi 187 unit.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Seluma Erlan Suadi saat menggelar konfrensi pers didampingi, Plt Kepala Dinas PMD Seluma Agus Fadhlilla dan Pendampingan Program pengentasan RTLH Abdul Gani, pada Jumat (28/02/2020) bertempat di aula Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Seluma.

Ia menegaskan di tahun ini pihaknya akan memfokuskan di 9 Desa dan Kelurahan yang masuk di dalam kategori kawasan kumuh, yakni Desa Cahaya Negeri, Desa Talang Benuang, Desa Serambi Gunung, Kelurahan Puguk, Kelurahan Pajar Bulan, Kelurahan Pasar Tais, Desa Tumbuan, Desa Air Periukan, dan Kelurahan Dusun Baru.

“Tahun ini ada 9 lokasi yang kita prioritaskan.karena masuk dalam kategori kawasan kumuh”, ungkap Erlan Suadi.

Sementara itu, dari 202 Desa dan Kelurahan hanya 7 Desa yang sudah berinisiatif memasukan anggaran bedah rumah melalui Dana Desa yang tercantum dalam APBDes, yakni Desa Padang Merbau 5 unit, Desa Talang Benuang 20 unit, Desa Riak Siabun 5 unit, Desa Lubuk Gilang 2 unit, Desa Kunduran 2 unit, Desa Sukamaju 7 unit, dan Desa Air Keruh 4 unit.

Menanggapi masih rendahnya desa-desa yang menganggarkan program bedah rumah RTLH ini, Plt Kepala Dinas PMD Seluma Agus Fadhlilla angkat bicara dan menegaskan supaya nantinya seluruh desa bisa memasukan anggaran RTLH dalam APBDes desa masing-masing.nantinya akan dilakukan tahap verifikasi.

“Nantinya saat verifikasi APBDes kita wajibkan seluruh desa untuk menganggarkan dana desa untuk program RTLH agar secara bertahap dapat mengentaskan kategori RTLH ini.(Arzan/Adv).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed