oleh

Dinkes Mukomuko Lakukan Pemeriksaan Depot Air Minum

Mukomuko.seribufakta.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, termasuk daerah yang dimana masyarakatnya kebanyakan mengkonsumsi air minum yang bersumber dari depot atau air galon isi ulang.

Dalam hal ini, pihak Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pengecekan air yang dikeluarkan oleh masing-masing pemilik depot, dengan tujuan agar menghindari masyarakat untuk mengkonsumsi air yang mengandung ecoli.

Di sampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Desriani,SH, melalui Staff Keliling dan Kesjaor, Donal Jaya, Am.Ki, pengecekan air tersebut terbagi atas kimia, makro dan mikro. Untuk pemeriksaan kimia dan makro, langsung dilakukan di provinsi, tepatnya lingkungan hidup. Sementara pemeriksaan mikro cukup oleh dinas kesehatan sendiri.

“Sebelum diedarkan ke masyarakat, kita sudah langsung ambil kebijakan untuk melakukan pemeriksaan air tersebut. Jangan sampai masyarakat dirugikan,” sampai Donal.

Adapun hingga saat ini, pihaknya belum ada menemukan hal yang mengandung ecoli dan sebagainya dari setiap air depot berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.

“Sampai saat ini kita belum menemukan adanya hal yang tidak baik dalam kandungan air depot, jadi sementara ini semuanya masih aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” terangnya.

Tak hanya itu, dinkes sendiri pun telah memberikan sosialisasi dan arahan kepada pemilik depot agar menyalurkan air yang diberikan label dari kesehatan, namun hingga saat ini belum ada tindakan dari perusahaan depot.

“Kita sudah arahkan agar pemilik depot bisa memberikan label atas izin dari dinkes, tapi hingga saat masih ada beberapa depot yang sudah melakukan. Jadi kami harapkan juga kepada masyarakat agar bijak dalam hal ini, sehingga tidak salah memilih depot yang baik untuk dikonsumsi,” pungkasnya. (MC).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed