oleh

Disdik kota Menyambut baik Olahraga PERPANI Masuk dalam Exstrakulikuler

Bengkulu kota.seribufakta.com – Dinas pendidikan kota bengkulu merespon baik rencana Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bengkulu yang mengusulkan agar olahraga panahan masuk dalam ekstrakulikuler sekolah.

Pembukaan turnamen panahan Walikota Cup yang dihadiri sejumlah pejabat Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bengkulu, Minggu (6/3/2022)

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Zainal Azmi, saat mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota bengkulu yang berhalangan hadir pada turnamen panahan Walikota Cup, Minggu pagi (6/3/2022), mengatakan, untuk alat panahan tidak termasuk dalam aplikasi usulan Dana Alokasi Khusus (DAK)

Kata Zainal, dalam aplikasi DAK itu, ada rehab gedung. Seperti rehab kantor ruang guru, perpusakaan, toilet, dan lain-lain.

“Untuk Unit Sekolah Baru (USB), dan Ruang Kelas Baru (RKB), tidak ada khusus di Kota Bengkulu, karena bukan Prioritas Nasional (Pronas). Alat olahraga, bola kaki futsal, bola voli, alat peraga, lab komputer dan buku perpustakaan. Sayangnya, alat panahan itu tidak di DAK,” ujar Zainal kepada TribunBengkulu.com, (6/3/2022).

Maka dari itu, untuk alat panahan bisa di masukkan kedalam ekstrakulikuler sekolah, itu bisa saja. Namun untuk alat panahan, bisa biaya siswa sendiri. Atau boleh juga dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Tapi diajukan dulu dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

“Ya, itu perlahan-lahan. Kita akan serukan dan imbau kan ke sekolah, terkait adanya panahan ini,” jelasnya.

Apalagi, kata Zainal, karena ekstrakurikuler itu di sekolah sudah ada, seperti kepramukaan itupun belum optimal dilaksanakan di seluruh sekolah di Kota Bengkulu.

“Akan kita usahakan semua sekolah, boleh sekolah tertentu (ekstrakulikuler panahan), karena itu khusus. Seperti olaraga umum saja, SD blm terlaksana rutin. Karena kita guru olahraga juga kurang,” kata Zainal.

Terkait dana untuk alat panahan, pihaknya bisa kerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bengkulu untuk pengadaan alat panahan.(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed