24 Mei 2024
oleh

Distan Mukomuko Berikan Bntuan Alat Pengemasan Produk Olahan Rumah Tangga kepada 4 Kelompok Tani

Mukomuko.seribufakta.com – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyerahkan bantuan berupa alat pengemasan produk olahan rumah tangga sebanyak empat unit kepada empat kelompok tani di daerah ini.

Dilansir dari ANTARA“Kami telah menyerahkan kepada kelompok tani yang datang untuk mengambil peralatan dan yang terakhir satu kelompok mengambil alat ini dalam beberapa hari yang lalu,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp40 juta dalam APBD murni untuk membeli sebanyak empat unit alat pengemasan produk olahan rumah tangga untuk kelompok tani di daerah ini.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian membeli alat ini guna menindaklanjuti proposal usulan bantuan alat pengemasan produk olahan rumah tangga dari empat kelompok tani di daerah ini.

Setelah penyerahan alat pengemasan produk olahan rumah tangga tersebut, ia mengatakan, selanjutnya petugas instansi rutin melakukan monitoring untuk memastikan alat tersebut dipakai atau tidak.

“Kalau alat pengemasan produk olahan rumah tangga tersebut tidak dipakai, maka konsekuensinya alat tersebut ditarik dan dialihkan kepada kelompok tani lainnya,” ujarnya.

Ia yakin, sebanyak empat kelompok tani yang menerima bantuan alat pengemasan produk olahan rumah tangga ini menggunakan alat tersebut karena mereka yang menyampaikan proposal usulan bantuan tersebut.

Ia menjelaskan, sudah banyak produk olahan rumah tangga milik kelompok tani di daerah ini seperti kripik pisang dan kripik ubi yang dijual di pasar, tetapi produk tersebut tidak mampu bersaing karena produk yang dijual tersebut belum dikemas dengan baik.

Untuk itu, ia berharap, bantuan alat pengemasan produk olahan rumah tangga ini bisa membatu petani mengembangkan usaha kelompok tani dan mereka bisa menjual produk di pasar dalam maupun luar daerah ini.(Bbng/AMBO).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *