oleh

Distan Mukomuko Salurkan 20 Ekor Kambing Jenis Jawa Randu

Mukomuko.seribufakta.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat telah menyalurkan sebanyak 20 ekor kambing jenis jawa randu kepada dua kelompok tani di daerah itu.

“Bantuan sebanyak puluhan kambing tersebut telah kami salurkan kepada dua kelompok tani di daerah ini, setelah kambing tersebut dikarantina,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp62 juta dalam APBD perubahan untuk membeli 20 ekor kambing jenis jawa randu untuk dua kelompok tani di Kecamatan V Koto.

Pemerintah setempat menggunakan pihak ketiga atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk melaksanakan kegiatan pembelian 20 ekor kambing untuk petani di daerah itu.

Warsiman menyatakan penyaluran bantuan sebanyak puluhan ekor kambing jenis jawa randu kepada kelompok tani setelah melalui tahapan karantina kambing tersebut selama satu minggu.

“Setelah masa karantina sebanyak puluhan kambing jawa randu selesai selama satu minggu, lalu semua kambing tersebut diserahkan kepada dua kelompok tani di daerah ini,” ujarnya pula.

Dua kelompok tani ini akan menerima bantuan kambing jawa randu ini masing-masing sebanyak 10 ekor yang terdiri dari sembilan ekor kambing betina dan satu ekor kambing jantan.

Ia menjelaskan, pemerintah setempat membeli sebanyak 20 ekor kambing untuk petani setempat guna meningkatkan populasi hewan ternak ini dan mendukung persediaan daging kambing di daerah itu.

Berdasarkan data statistik peternakan dan sudah diverifikasi dan validasi oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) daerah itu, ia mengemukakan, jumlah populasi kambing pada 2018 mencapai 17.742 ekor.

“Kami menggunakan data BPS untuk menghitung jumlah populasi kambing di daerah ini dan data populasi dari BPS ini merupakan data populasi kambing pada 2018,” ujarnya.(MC).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *