Distan Mukomuko Salurkan Insektisida kepada Dua Kelompok Tani

Mukomuko.seribufakta.com – Dinas Pertanian Mukomuko menyalurkan bantuan berupa insektisida untuk memberantas hama ulat yang menyerang tanaman jagung dan cabai merah milik dua kelompok tani di daerah ini.

“Kami memberikan bantuan insektisida sebanyak delapan liter untuk memberantas ulat yang menyerang tanaman jagung dan cabai merah milik dua kelompok tani di daerah ini,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri di Mukomuko, Selasa.

Dinas Pertanian memberikan bantuan insektisida sebanyak tiga liter untuk memberantas hama ulat pemakan daun tanaman cabai kepada Kelompok Tani Karya Mukti Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto.

Kemudian pihaknya memberikan bantuan insektisida sebanyak delapan liter untuk memberantas hama ulat gerayak kepada Kelompok Tani Pematang Gedang Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto.

Bantuan insektisida dan fungisida kepada dua kelompok tani ini diberikan setelah ada rekomendasi terkait tanaman jagung dan cabai merah yang diserang hama dan penyakit dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat.

Dinas Peranian Mukomuko  melalui PPL dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di daerah ini telah melakukan pemeriksaan tanaman jagung di lahan seluas tujuh hektare yang diserang hama ulat gerayak.

“Ulat tersebut menyerang hampir seluruh tanaman jagung di lahan seluas tujuh hektare milik kelompok tani ini tetapi tidak sampai menyebabkan tanaman tersebut mengalami puso atau gagal panen,” ujarnya.

Ia berharap, bantuan insektisida sebanyak delapan liter ini dapat memberantas hama ulat yang menyerang tanaman jagung seluas tujuh hektare dan cabai merah seluas dua hektare milik kelompok tani ini.

Selanjutnya, katanya, anggota dua kelompok tani ini secara swadaya menggunakan bantuan insektisida dari pemerintah setempat untuk memberantas hama ulat yang menyerang tanaman jagung dan cabai merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *