oleh

Dua Item Pembangunan Fisik DD Desa Pinang Jawa I Sudah Finish

Kaur.seribufakta.com – Dua item pekerjaan pembangunan fisik anggaran DD 20% tahun 2021 desa pinang Jawa 1 (Satu) sudah rampung/selesai.

Menurut undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa yang dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara tidak lain mengutamakan, mensejahterakan terutama desa tertinggal.

Secara khusus terdapat peraturan pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2014 tentang dana desa (DD) yang bersumber dari APBN 60/2014 yang telah diubah dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 22 tahun 2015 tentang perubahan peraturan atas peraturan pemerintah PP 22/2015 dan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan kedua diatas.

Suehingga sampai pada turunan KEMENDES nomor 13 tahun 2020 dengan PMK 222/017/2020 tentang regulasi pengelolaan dana desa (DD) tahun anggaran 2021 berdasarkan pasal 39 ayat 1 (Satu) dana desa (DD) diprioritaskan penggunaanya terkait pemulihan ekonomi dan pengembangan sektor prioritas yang ada didesa.

Ayat 2 (Dua) pemulihan ekonomi, sebagaimana yang dimaksud pada ayat 1 (Satu) berupa pengamanan jaringan sosial (PJS) seperti BLT, padat karya tunai, pemberdayaan UMKM, usaha sektor pertanian, dan pengembangan potensi desa melalui BUMdes.

Ayat 3 (Tiga) sektor prioritas desa, sebagaimana dimaksud ada ayat 1 (Satu) Diatas, terdiri dari pengembangan desa, wisata digital, budidaya sektor pertanian, perternakan, ketahanan pangan dan kesehatan, hingga permendesa nomor 7 (Tujuh) tahun anggaran 2021 tentang pemerataan ekonomi masyarakat.

Dengan dasar regulasi undang-undang dan peraturan pemerintah (PP) serta Kemendes tersebut pemerintah desa pinang jawa 1 kecamatan kinal Kabupaten Kaur sangatlah patuh dan taat dengan regulasi d

iatas, meskipun anggaran dana desa tinggal 20% terakhir tahun 2021.Kepala desa pinang Jawa 1 kecamatan Kinal kabupaten kaur provinsi bengkulu tetap melaksanakan 2 (dua) aiteam pekerjaan pembangunan fisik yang berkesinambungan untuk masyarakat. (27/03/2022).

Diantaranya,, kegiatan pembangunan rabat beton dengan panjang kurang lebih 87 meter lebar 5 meter dan ketebalan/kedalaman kurang lebih 40cm.

Ya..! kami desa pinang Jawa 1 membangun pembangunan fisik berupa rabat beton, pemasangan SR meteran air PAM simas dengan jumlah 20 SR, artinya ada 20 rumah yang sudah dipasang, sekarang ini sudah jalan dan juga sudah selesai.

Dengan hadirnya program dana desa (DD) ini, masyarakat sangat mendukung dan berterimakasih pada pemerintah pusat provinsi dan kabupaten, kedepannya masyarakat desa pinang Jawa 1 (Satu) mudah-mudahan bisa menjalin sinergi dengan baik kepada pemerintahan desa.

“Khususnya desa pinang Jawa 1 (Satu) kecamatan kinal, umumnya Kabupaten Kaur provinsi bengkulu demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa “ucap kepala desa sebagai orang nomor satu desa pinang Jawa 1 kecamatan Kinal kabupaten kaur Asman Sidi. ( Samsudin )

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed