oleh

Hadapi Musim Penghujan, Tim URC DPUPR Rutin Patroli ke Wilayah Rawan Banjir

Bengkulu kota.seribufakta.com – Masuknya Kota Bengkulu sebagai wilayah yang rawan bencana alam, termasuk bencana banjir. Apalagi saat ini di Kota Bengkulu sedang memasuki musim penghujan.

Menghadapi bencana tersebut, Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas PUPR Kota Bengkulu melakukan patroli guna mengantisipasi terjadinya genangan air dengan memantau beberapa wilayah yang rawan banjir. Patroli rutin ini dilakukan ketika Kota Bengkulu diguyur hujan deras.

Sabtu (10/7/2021) malam, Ketua URC PUPR Supriadi mengatakan saat sedang berpatroli, tim mendapat laporan warga yang mengatakan ada genangan air di Jalan Bakti Husada. Setelah itu, tim langsung membuat tali air guna mengurangi genangan air tersebut.

“Biasanya musim hujan seperti saat ini, memang sering terjadi genangan air, karena beberapa alasan seperti drainase kotor atau curah hujan tinggi melampaui kapasitas drainase bisa menyebabkan genangan air bahkan banjir. Maka dari itu, apabila sedang berpatroli melihat potensi seperti itu, tim langsung turun dan membuat saluran air lebih lancar atau membuat semacam tali air agar genangan air cepat surut,” kata Supriadi.

Meminimalisir terjadinya banjir, tim akan rutin melakukan patroli di musim penghujan dan berharap warga turut serta menjaga kebersihan lingkungan agar bisa mencegah terjadinya banjir.

“Tingginya curah hujan tentu memiliki potensi bahaya banjir yang menjadi ancaman bagi lingkungan masyarakat yang berada di pemukiman. Jadi sangat perlunya kesadaran kita bersama dalam menciptakan lingkungan tetap bersih dan rapi, salah satunya dengan rutin membersihkan drainase sehingga air bisa mengalir dengan lancar,” tutupnya. (rilis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed