oleh

Ingat!!Posko PPKM Mikro di Desa harus Diaktifkan

Penarik.seribufakta.com – jumat 30/07/2021 setelah menerima Surat Edaran (SE)Bupati Mukomuko nomor 360/228/D.7/VII/2021, tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan pihak kecamatan penarik langsung memberikan himbauan kepada semua kepala desa guna mengoptimalkan Posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan kelurahan, dengan tujuan untuk pengendalian penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Mukomuko.

Langkah ini secepatnya di ambil, mengingat karena meningkatnya jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Mukomuko meningkat.

Camat kecamatan penarik Sutrisna imam Santosa, SH selaku ketua Satgas Covid-19 kecamatan mengatakan dan menerangkan kepada Media ini pihak kecamatan menerima Surat Edaran (SE) Bupati Mukomuko, langsung kita tindak lanjuti untuk meneruskan kepada kepala Desa di wilayah kecamatan penarik dan setiap saya turun ke desa bersama tim,saya selalu tekankan dan ingatkan ke seluruh kades dan pihak terkait.agar Posko PPKM Mikro wajib untuk selalu di aktifkan tetapi karena banyak yang terkendala soal lokasi untuk pendirian Posko PPKM mikro maka Posko PPKM mikro banyak yang menginduk di kantor desa masing-masing.Ujarnya.

Lebih lanjut beliau terangkan,guna pembentukan Posko covid-19 adalah untuk penanganan pandemi mulai dari tingkat yang paling bawah.

Selain itu pembentukan Posko PPKM Mikro ini adalah untuk tempat pemantauan, pengendalian dan evaluasi perkembangan kasus covid-19 di tingkat mikro khususnya selama PPKM Mikro,yakni untuk pemantauan, pembinaan dan pendukung di dalam menjalankan tugas fungsinya.

Posko PPKM Mikro mengacu pada panduan tehnis yang telah ada,maka saya tekankan agar posko-posko PPKM Mikro di desa wilayah kecamatan penarik harus selalu untuk di aktifkan sehingga segala kemungkinan yang tidak kita harapkan bisa sedini mungkin terdeteksi.

Mari kita sama-sama untuk melaksanakan dengan langkah nyata,agar penyebaran covid-19 ini bisa terputus,saya juga tegaskan,agar masyarakat supaya tetap waspada dan saling untuk menjaga, serta untuk tetap mentaati aturan dari pemerintah.supaya wabah ini bisa kita putuskan penyebarannya.Pungkas Camat Penarik.

Di tempat terpisah jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo,M.kes, mengatakan dalam Surat Edaran (SE) bupati Mukomuko tersebut semua sudah di jelaskan secara detail, PPKM Mikro di lakukan dan di haruskan melalui koordinasi seluruh unsur yang terlibat.mulai dari RT,Kadus, Kepala desa, Satlinmas,Babinsa, Babinkamtibmas,TP PKK, BPD,pihak kesehatan dan pihak-pihak terkait lainnya.kata Jubir Satgas Covid-19 kabupaten.

Lanjut Jubir Satgas Covid-19, secara operasional,ada 4 fungsi prioritas Posko PPKM Mikro ini di antaranya: Pendorong perubahan perilaku, layanan masyarakat,pusat kendali informasi dan menguatkan pelaksanaan 3T yakni,Testing (pemeriksaan),Tracing (pelacakan)dan Treatment (perawatan) pasien covid-19 di desa.

Sedangkan secara Struktural,Posko akan di pimpin Kepala desa sebagai ketua,Ketua BPD sebagai wakil ketua dan beranggotakan perangkat desa serta elemen masyarakat lainnya.seperti tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.pungkasnya.(Bbng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed