oleh

Kabid Pemdes Eka Purwanto Kenali Syarat Menjadi Perangkat Desa

Mukomuko.seribufakta.com  – Pemerintahan setingkat desa, terdapat perangkat desa, yang terdiri dari Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), Bendahara Desa, Kepala Dusun (Kadus) serta BPD.

Kabid pemerintahan desa Eka Purwanto kepada wartawan seribufakta.com memaparkan untuk pemilihan Kades sendiri, biasanya dilakukan dengan cara pemilihan menggunakan surat suara, layaknya Pemilihan Umum.

Sedangkan untuk Kadus, dipilih melalui proses penjaringan dan penyaringan seleksi yang dilakukan oleh pemerintah desa, artinya dilakukan dengan adanya pendaftaran, lalu seleksi yang dilakukan oleh panitia yang ditentukan oleh pemerintah desa.

Setelah itu, baru nanti hasil seleksi tersebut dilaporkan ke Kades, kemudian Kades meminta rekomendasi kepada Camat berdasarkan hasil seleksi dari yang ia terima dari panitia seleksi, minimal dua nama yang dilaporkan.

Hasil rekomendasi dari Camat inilah yang menjadi ketetapan untuk diangkat menjadi Kadus berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Kades.

“Kadus termasuk kedalam bagian perangkat desa, Kadus menjalankan tugas sebagai unsur kewilayahan, artinya membantu Kepala Desa dalam persoalan-persoalan kewilayahan, misalnya dalam hal kependudukan, pembangunan di desa, pemberdayaan, termasuk pemindahan masyarakat,” Ungkap Eka Purwanto selaku Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mukomuko, Rabu (18/12).

Selain itu jabatan Kadus, dijabat oleh seseorang dengan minimal pendidikan SMA/Sederajat, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 83.

Namun, jika ada Kadus yang selama ini telah menjabat sebelum keluarnya Permendagri nomor 83 dan 67, maka diperbolehkan untuk diangkat kembali menjadi Kadus, asalkan usianya tidak lebih dari 60 tahun, meskipun mempunyai pendidikan dibawah SMA/Sederajat.

“Tetapi, yang bersangkutan harus diberikan kewajiban untuk penyetaraan pendidikan, setingkat SLTA,” Tambahnya.

Diakhir pembicaraannya Eka Purwanto menjelaskan disetiap desa, jumlah Kadus bisa saja berbeda, tergantung dengan jumlah penduduknya, jika jumlah penduduknya banyak, maka jumlah Kadus juga banyak, namun untuk di Kabupaten Mukomuko sendiri rata-rata hanya ada 3 – 5 Kadus di setiap desanya. Mengenai honor Kadus, diperoleh dari Alokasi Dana Desa (ADD).(Bbng/AMBO).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *