oleh

Kades Sutarto Resmikan Pasar Sukamaju Merupakan Pemasukan PAD Desa

Mukomuko.seribufakta.com – Pasar Desa merupakan Jantung perkonomian Masyarakat Alhamdulillah pada hari Minggu (4/9)telah di laksanakan peresmian pasar desa Sukamaju kecamatan penarik Kabupaten Mukomuko.

Pasar desa Sukamaju yang dulunya pernah aktif akan tetapi sudah hampir kurang lebih 10 tahun pasar tersebut telah mati total dikarenahkan desa Sukamaju adalah desa yang termasuk desa tua karena exs transmigrasi.

Dan sekarang desa Sukamaju di apit oleh 5 desa di sekitarnya.Masyatakat sangat antusias menyambut peresmian pasar desa tersebut.

Kepala desa Sukamaju Sutarto di mintai keterangan oleh media ini pada saat selesai acara menjelaskan,syukur Alhamdulillah saya selaku pemerintah desa telah meresmikan pasar Sukamaju untuk di operasikan kembali yang sebelumnya pasar desa Sukamaju ini sempat mati yang cukup lama.

Semua itu tidak terlepas atas kerjasama yang baik dengan berbagai pihak yakni BPD,tokoh masyarakat,tokoh Agama dan dukungan dari masyarakat juga.

Sekain itu dukungan juga datang dari para pedagang yang ada di luar desa sukamaju ini walaupun sarana dan prasarana pasar desa kami belum begitu memadai tetapi kami bersama dengan pihak-pihak terkait akan terus melakukan perbaikan dan pembenahan pasar desa ini dan tentunya dukungan dari pemerintah daerah tetap akan kita harapkan yang kesemuanya itu demi peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Karena apabila pasar desa semakin hari bertambah semakin bagus dan asri,tentu saja para pedagang dan konsumen juga akan merasa nyaman,dan hal itu sangat membantu masyarakat di 5 desa sehingga tidak perlu lagi pergi ke pasar yang jauh.

Dan pasar desa Sukamaju ini di tetapkan pada hari minggu sesui dengan hari peresmian ini.Ujar Sutarto.

Ditempat terpisah media ini juga meminta masukan dari ketua BPD desa sukamaju Purwanto (Haho) menjelaskan via telpon saya selaku ketua BPD desa sukamaju bersama rekan-rekan BPD yang lain sangat mendukung dan mengapresiasi program dari Pemdes stmpat karena dengan adanya pasar desa yang aktif kembali,tentu saja kedepannya bisa menjadi sumber PAD bagi desa dan tentu saja perekonomian masyarakat juga akan semakin meningkat.

Dikarnakan pasar desa juga bisa menjadi salah satu roda penggerak perekonomian masyarakat desa setempat dan desa sekitarnya.Ujar Purwanto.

Begitupun media ini juga mendatangi rumah salah satu tokoh masyarakat Sukamto untuk meminta penilaian terhadap pasar desa yang baru di resmikan saya selaku salah satu yang di anggap tokoh masyarakat sangat mengapresiasi apa yang telah di lakukan oleh pihak Pemdes tersebut karena pasar desa tetap menjadi salah satu Jantung perekonomian masyarakat dan kedudukan pasar desa seyogyanya memang sangat penting dan memang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat di pedesaan khususnya.

Dikarnakan pasar desa bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan, sebagai pusat interaksi, pusat transaksi jual beli secara langsung.

Pasar juga sebagai tempat berlangsungnya ekonomi transparan, partisipatif dan akuntabel.hal itu juga telah di jabarkan dalam peraturan pemerintah (PP) No.72 tahun 2005 bahwa pemerintah desa memiliki sumber pendapatan desa yang di gunakan sebagai penunjang keuangan pemerintah desa dan pembangunan desa setempat dikarnakan pasar desa merupakan instrumen pendayagunaan Ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang semua itu bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi warga desa setempat dan desa sekitarnya.Ungkap Sukamto.(Bbng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed