Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah Gelar Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Kecamatan Tahun 2024

Benteng.seribufakta.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bengkulu Tengah, bekerjasama dengan Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah Melaksanakan Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Kecamatan Tahun 2024, dengan tema “Optimalisasi Pengembangan Kepariwisataan, Ekonomi Kreatif Dan Infrastruktur Dasar Untuk Mewujutkan Kabupaten Bengkulu Tengah Maju Dan Sejahtera” bertempat di Aula Kantor Camat Pematang Tiga, Selasa (30/01/2024).

Musrenbang Tingkat Kecamatan Merupakan rangkaian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan diwilayah masing-masing.

Untuk itu pastisipasi masyarakat khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting. Partisipasi masyarakat dalam perencanaan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan, dengan melibatkan stakeholder pemangku kepentingan dalam pembangunan daerah.

Pada kesempatan ini juga diharapkan kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk dapat memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui kegiatan ini dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat (bottom up planning) yang akan dipaduserasikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah (top down planning) dan analisis para teknograt di berbagai bidang pembangunan. Disamping itu, yang terpenting adalah adanya sinkronisasi dan sinergitas antar program pembangunan yang kemudian akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi  wilayah serta menjawab permasalahan dan kebutuhan prioritas di tahun 2025.

Melalui forum Musrenbang ini diharapkan mampu menginventarisir dan merumuskan permasalahan pembangunan, sekaligus menemukan alternative masalah yang wujud kongkritnya berupa program/kegiatan yang mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menjawab permasalahan spesifik tahun 2025 berdasarkan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun 2023-2026, maka tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun 2025 yaitu : “OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN, EKONOMI KREATIF DAN INFRASTRUKTUR DASAR UNTUK MEWUJUTKAN KABUPATEN BENGKULU TENGAH MAJU DAN SEJAHTERAH”.

Pada kesempatan Musrenbang ini, PJ Bupati Bengkulu Tengah diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. Rachmat Riyanto, ST.,MAP membuka musrenbangcam sekaligus memberikan arahan pentingnya pelaksanaan kegiatan Musrenbangcam ini dilakukan sebagai media komunikasi antara pemangku kebijakan dengan masyarakat tentang perencanaan pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah tahun 2025.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala beserta Kabid Bappeda Bengkulu Tengah, Kepala OPT, Instansi Lintas Vertikal Kabupaten Bengkulu Tengah dan Seluruh Kapala Desa dan BPD Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *