oleh

Kepala Badan BPOM Bengkulu Ajak Masyarakat Gunakan Aplikasi Cek Klik

Bengkulu.seribufakta.com – Dalam Rangka memperingati hari Ulang Tahun Kota Bengkulu yang Ke 301 T,Badan Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Bengkulu(BPOM)mengelar talk show peluncuran aplikasi Ayo Cek Klik Sebelum Belanja,acara berlangsung di Bengkulu Indah Mol(BIM)Lantai dasar Jumat 13/03/2020.

Kepala BPOM Provinsi Bengkulu Syafruddin mengatakan, peluncuran aplikasi Ayo Cek Klik sebelum belanja merupakan program nasional untuk memudahkan konsumen mengidentifikasi kelayakan makanan.

Apa itu cek klik adalah sebelum kita belanja harus kita cek dulu kemasannya,cek labelnya, cek izin edarnya dan cek kadaluwarsanya,kalau seandainyan ada salah satu ada yang rusak selaku konsumen mempunyai hak mengembalikan barang tersebut.

“Aplikasi ini diluncurkan untuk mengedukasi masyarakat selaku konsumen agar terhindar dari produk ilegal dan berbahaya,”ujarnya.

“Dengan bantuan aplikasi ini memudahkan masyarakat mengenali yang mana produk layak dan produk aman,”ujarnya.

Tidak hanya makanan dan obatan yang di cek klik alat-alat kosmetikpun harus dicek klik juga.

Kepala BPOM bengkulu Safrudin mengajak kepada masyarakat apabila ragu dengan obat dan makanan yang akan di konsumsi silakan hubungi unit layanan pengaduan konsumen BPOM Bengkulu.

Syafuddin juga menambahkan,”Alat penguji untuk balai BPOM sendiri sudah menggunakan alat penguji Internasional,dan dan Sudah menjadi alat penguji nomor tiga di Indonesia.Makanya Setiap uji bahan makanan maupun obat yang di uji dari BPOM provinsi Bengkunlu diakui oleh dunia karena alatnya sudah internasional.

Ia mengatakan, aplikasi itu dianggap sangat penting, sebab gencarnya promosi atau iklan produk makanan tanpa diimbangi pengetahuan konsumen tentang produk.

“Sehingga BPOM hadirkan aplikasi ini, untuk memudahkan masyarakat mengidentifikasi keamanan produk yang akan di konsumsi,”kata dia.

Syafuddin mengatakan, aplikasi tersebut menggunakan scan 2D barcode. Konsumen dapat mengecek langsung kemasan produk, mengecek label, mengecek izin edar dan mengecek masa kadaluwarsa.Tuturnya.

Talk show menghadirkan Kepala BPOM Provinsi Bengkulu Drs. Syafruddin dan Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan dan UMKM Kota Bengkulu Firman Surya dan juga Mahasiswa dari D3 Farmasi Bengkulu.(hadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed