oleh

Ketua LSM PPD,Masyarakat Sukamerindu Berharap Pembangunan Talud

Musi Rawas.seribufakta.com -Pasca terjadi banjirnya di desa Sukamerindu Kecamatan Stl Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas Propinsi Sumsel Kepala BPBD Kabupaten Musi Rawas H. A. Darsan, Melalui Eko Sefriwan sebagai kasi Badan Penegulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas melakukan kunjungan kerja ke desa Sukamerindu Rabu 30/03/2022.

Tinjauwan langsung oleh Eko sapaan akrabnya, didampingi oleh Mulyadi. SKM. Sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemerhati Pembangunan Daerah (PPD) dan perangkat desa, sementara kades sukamerindu tidak ada di tempat dinas luar.

Dalam kunjungannya Eko Sefriwan sebagai kasi BPBD penagulangan bencana menggatakan, terkait pasca sudah terjadinya bencana alam akan kita usulkan semacam proposal kepusat melalui penggunaan dana darurat bencana untuk dibagunan talut tersebut. “Yang pasti kita usulkan masalah di acc atau tidak tergantung ke pemerintah pusat masalah talut ini karena untuk hajat hidup orang banyak”.ujarnya

Sementara itu Mulyadi SKM ketua PPD, meninjauan lagsung dan melihat kondisi talud penahan tebing sungai lakitan yang kondisi sebagian sudah tergerus oleh derasnya air pasca banjir.

Sangat memprihatinkan jika talud ini tidak segera dilakukan perbaikan pembangunan maka puluhan rumah, masjid dan jambatan gantung, yang ada di bantaran sugai sudah dipastikan akan tergerus terbawa arus sungai jika terjadi banjir yang akan datang jika tidak ada pembangunan talud tersebut.

Mengingat jarak antara rumah warga dengan sungai lakitan sangat dekat, di segi ekonomi masyarakat di desa Sukamerindu mayoritas menggunakan jambatan gantung untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti pertanian dan perkebunan.

Mulyadi juga berharap kepada pemerintah pemangku pengambil kebijakan untuk melakukan pembagunan talud tersebut melalui penggunaan Dana Darurat Pasca Bencana alam yang telah terjadi. Ujar Mulyadi putra daerah Sukamerindu.

M. Agen. Tokoh masyarakat desa Sukamerindu juga berharap kepada pemerintah daerah atau pusat dan dinas terkait untuk melakukan pembangunan talud tersebut sebelum rumah kami digerus oleh kelabilan tanah akibat aliran sungai lakitan.

“Saya mewakili masyarakat desa sukamerindu berharap untuk pembangunan talud ini mengingat puluhan rumah yang ada di bantar Buan sugai ini tempat kami berteduh dan tinggal kami selalu was-was di saat terjadi musim hujun”. Tutupnya M. Agen Toko Masyarakat(rilis/Darly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed