oleh

Komisi I Gelar Sidak Rusunawa

Bengkulu kota.seribufakta.com – Komisi I DPRD Kota Bengkulu,Sidak dirumah susun Sederhana Sawa(Rusunawa)Senin 7/02/2022.

Rumah Susun Sederhana Sawa(Rusunawa) yang terletak Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.Rumah susun Lima lantai tersebut dengan total 96 kamar,dan saat ini ada lebih kurang 63 KK yang tinggal  dirumah susun tersebut.Rumah susun Sederhana Sawa (Rusunawa)yang didirikan pada Tahun 2016.Dan pada saat itu Rusunawa dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah yang dibentuk Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota.

Rumah susun Sederhana Sawa (Rusunawa)dengan gaya alah Jakarta yang disewakan dengan sewah yang berbeda,sesuai dengan lantai yang ditunggu,semakin keatas sewah kontrak semakin kecil , untuk lantai lantai 2 dengan sewa Dua Ratus dua puluh Ribu Rupiah, lantai 3 dengan sewah seratus Delapan tujuan rupiah,dan untuk lantai 4 dengan sewahan seratus lima puluh Ribu Rupiah perbulan.

Komisi I DPRD Kota Bengkulu,Rahmad Mulyadi.MM menjelaskan,”Seperti yang kita lihat keadaan  sekarang, rumah susun Sederhana Sawa (Rusunawa) harus dirombak total.

Karena sudah rusak berat, untuk lantai atas aja sudah tidak layak huni dengan keadaan genteng yang udah banyak bocor,WC yang pada merembes maka dengan ini kita komisi I rencana akan merombak total Rusunawa,”jelas Rahmad.

“Dalam pengelolaannya, UPTD harus benar-benar menyeleksi calon penghuni Rusunawa. Salah satunya harus diutamakan warga Kota Bengkulu yang kurang mampu dan yang belum memiliki rumah sendiri.

Ada 96 ruangan di Rusunawa yang akan dikelola itu. Artinya UPTD harus lebih maksimal dalam pengelolaannya nanti. Makanya penghuninya itu harus diseleksi ketat jangan sampai dari warga luar yang tidak jelas asal usulnya,” tambah Rahmad.

Ia mengaku optimis bahwa rusunawa yang akan dikelola UPTD akan mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara maksimal. Mengingat dalam pengelolaannya ditarik biaya sewa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Untuk Renovasi kita perkirakan sekitar 1m sampai 2m, itupun renovasi total, Perkim harus dipasilitisi dan di danai pasti akan terpenuhi semua, gedung-gedung  harus pengecatan ulang,dan yang bocor-bocor semuanya harus di perbaiki dan pasilitas WC umum  dilantai dasar juga akan segera kita perbaiki dan yang jelas anggaran  renovasi tersebut harus kita  dorong,”ujar Rahmad.

“Yang jelas semuanya sudah direnovasi,maka kita akan segera menaikan sewanya,sehingga dapat menghasilkan PAD,”pungkas komisi I DPRD Kota Bengkulu.(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed