oleh

Komisi III Gelar Sidak Pustu Sawah Lebar dan Sukarami

Bengkulu kota.seribu fakta.com – Usai mendatangi Puskesmas Pembantu (Pustu) Sukarami, giliran pustu sawah lebar di Jalan Merawan Sawah Lebar Baru yang disambangi Komisi 1 DPRD kota, Senin (28/3/2022).

Hasilnya, Ketua Komisi I DPRD Kota, Bambang Hermanto menyayangkan bangunan Puskemas Pembantu (Pustu) Sawah Lebar Baru, tampak tidak terurus.

Bambang dengan didampingi Anggota Komisi I lainnya, Solidin Adnan, Elvin Yanuar, Jaya Marta sangat menyayangkan kondisi pustu sawah pebar yang tidak terawat seperti itu.

Tampak kusen pintu masuk ke Pustu sudah berdebu hitam, dinding bangunan sudah mulai warna cat dinding sudah tampak kusam.

Usai berbincang dengan penanggung jawab Pusku Sawah Lebar Baru, Bambang Hermanto mengatakan, di Kota Bengkulu ada 54 pustu.

Dari sidak beberapa pustu, ada yang tampak bersih, dan berharap pelayanan ke masyarakat lebih prima.

“Tujuan utamanya, pelayanan dasar, pustu ditempatkan memang yang ramai masyarakat banyak, ketika akses pustu tidak berfungsi dengan baik, lebih baik ditutup saja, serahkan saja ke pemerintah,” ujar Bambang kepada TribunBengkulu.

Terkait bangunan gedung sudah berdebu, Bambang mengatakan, itu termasuk kurang pelayanan. Makanya , Bambang mengimbau agar bisa dibersihkan. Benar-benar layaknya pustu.

Sementara itu,  Sektretaris Komisi 1 Jaya Marta mengatakan, dari hasil sidak banyak sekali ditemukan kekurangan di pustu tersebut.

Di antaranya tenaga pustu yang kurang, minimal standar pelayanan ada empat orang, dokter, perawat, bidan, dan administrasi.

Dari hasil peninjauan langsung di sejumlah pustu yang ada di Kota Bengkulu, menurut Jaya Marta, beberapa pustu tidak memenuhi standar pelayanan.

Seperti hanya dua orang petugas kesehatan di Pustu Sukarami, dan Sawah Lebar Baru.

“Selain itu, beberapa alat kesehatan yang kurang, seperti tensi darah, timbangan, obat-obatan dan lain-lain,” ungkap Jaya Marta.(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed