oleh

KPU Prov Bengkulu Gelar Rakor Digitalisas Hasil Pemilu Serentak 2020

Bengkulu.seribufakta.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi Digitalisasi Hasil Pemilihan Umum Serentak Tahun 2020, kegiatan berlangsung Pada Jum’at kemaren (20/12/2019) di Ruang Audio Visual Rumah Pintar Pemilu.

Kegiatan ini dihadiri Anggota Divisi Program Data, Kasubbag Program Data dan Operator KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu.

Acara dibuka oleh Anggota KPU Provinsi Bengkulu Siti Baroroh dan didampingi Operator Hendra Kurniawan dan Norwin Marbun. Dalam arahannya Siti Baroroh menyampaikan bahwa rapat koordinasi penting dilakukan mengingat bahwa publikasi hasil pemilihan umum tahun 2019 perlu dilakukan agar setiap masyarakat dapat mengakses secara langsung. Salah satunya dengan aplikasi digitalisasi yang dibuat oleh KPU RI dengan alamat opendata.kpu.go.id.

“Untuk dapat menginput hasil pemilu tersebut kita akan mempraktekan secara langsung. Komisioner, Kasubbag maupun Operator wajib memahami seluruh mekanisme dan cara mengupload data ke linkopendata.kpu.go.id.  Kita akan sampaikan materi selanjutnya dipraktekan agar lebih jelas, “ujar Siti Baroroh.

Dalam materinya Siti Baroroh menyampaikan digitalisasi hasil pemilu merupakan proses pengubahan berkas menjadi data digital dengan menerapkan prinsip data terbuka dalam merilis data dan data tersedia dalam format terbuka yang mudah dibagipakaikan dan dibaca oleh sistem elektronik.

Tujuan digitalisasi ini, yaitu sebagai arsip lembaga, sebagai perpustakaan data, menyediakan data siap oleh kepada publik, pembenahan tata kelola data kepemiluan, dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Untuk itu, KPU baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota wajib mengupload/menginput data tersebut ke link opendata.kpu.go.id.”imbuh Siti.

Kemudian lanjut Siti untuk menginput data akan masuk ke linkopendata.kpu. go.id /data_ admin/ yang tentu ada user dan password, pada link juga muncul menu biro terdiri dari Perencanaan dan Data, Hukum, SDM, Teknis dan Hupmas, Keuangan, Logistik dan Umum. Semua data yang akan diupload disesuaikan dengan biro diatas.

“Untuk lebih jelasnya nanti Operator akan menjelaskan secara detail dan rinci, harapan kami KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu telah mengupload data per bagian/per divisi,”harap Siti.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek mengupload data yang dibantu oleh operator Hendra Kurniawan dan Norwin Marbun.

(Sumber humas KPU Prov).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *