oleh

KPUD Bengkulu Gelar Debat Perdana Ke 3 Pasang Cagub

Bengkulu.seribufakta.com – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkulu 09 Desember 2020 mendatang, mulai memasuki tahap debat antara tiga pasangan calon (Paslon) yang jatuh pada Senin (9/11/2020) nanti. Berbagai keperluan demi terlaksananya tahapan sesuai harapan, KPU selaku penyelenggara pun mempersiapkan secara matang.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah mengatakan persiapan yang terencana sesuai PKPU sudah menyentuh angka sembilan puluh persen. Serta, materi-materi yang akan dihidangkan dalam debat itu telah diproses sesuai aturan oleh penyusun materi.

“Soalnya betul-betul tidak kita ketahui, menjelang perdebatan nanti baru akan diserahkan ke kita,” kata Darlinsyah, Sabtu 7/11/2020.

Ia melanjutkan, dalam debat Paslon tidak ada istilah kebocoran soal atau materi debat. Lantaran tema, arah dan bayangan debat itu sudah jelas membahas tentang visi dan misi, masing-masing Paslon.

“Nantikan mereka akan menarasikan. Soal itu bukan seperti satu tambah satu samadengan dua. Saya rasa mereka pun, sudah memahaminya,” ungkap Darlin.

Selain itu, Darlin menjelaskan pihaknya juga tetap menjaga independensi dan netralitas dari tim penyusun materi. Sebab, orang-orang yang mengemban tanggung-jawab itu sudah terbukti dapat menjaga profesionalitas dalam ber-tugas.

“Pertanyaannya nanti akan kita undi dulu. Jadi, pertanyaan itu memang khusus untuk Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub),” pungkasnya.

Sebagai contoh, pertanyaan yang berasal dari penyusun materi nantinya akan dilontarkan, melalui bibir sang moderator. Sedangkan, pertanyaan dari Cagub Paslon akan dijawab oleh Paslon Cagub nomor urut lain, begitu juga sebaliknya.

“Pertanyaan dalam bentuk lain itulah yang disebut dengan debat, Cagub bertanya kepada Cagub nomor satu, dua atau tiga. Seperti itu sebaliknya,” tutup Darlinsyah.

Pencoblosan Pilgub Bengkulu 2020 akan berlangsung 9 Desember. Ada tiga pasang yang ikut dalam pemilihan. Dua diantaranya kelak harus legowo bila mengalami kekalahan. Satu pasangan yang akan menang harus menjalankan program-programnya bila terpilih nanti.

Ketiga pasangan tersebut adalah Helmi-Muslihan, Rohidin-Rosjonsyah dan Agusrin-Imron. Masing-masing pasangan kandidat memiliki program yang berbeda-beda.(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed