oleh

Kunjungan Saber Pungli Bengkulu Monitoring Penggunaan Dana Covid-19

Seluma.seribufakta.com – Kabupaten Seluma – Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto menyambut kunjungan Ketua Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Bengkulu Kombes Pol. Bambang Purwanto bersama tim di Aula Bappeda Seluma, Kamis (24/6/2021).

Wakil Bupati dalam laporannya menyampaikan tahun ini Pemerintah Pusat melalui Instruksi Mendagri RI Nomor 03 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk mengendalikan penyebaran COVID-19 tujuannya adalah agar adanya peran serta dari aparatur Pemerintah desa dalam rangka menangani penyebaran COVID-19 yang saat ini sedang mewabah.

Menteri Keuangan RI juga mengambil kebijakan melalui surat edaran tentang penyesuaian penggunaan anggaran transfer ke daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 untuk penanganan pandemi COVID-19 bahwa Dana Desa selain wajib dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi keluarga miskin juga wajib dialokasikan anggarannya untuk penanganan pandemi COVID-19 yaitu sebanyak 8% dari total Pagu anggaran dana desa yang diterima oleh masing-masing desa.

“182 desa di Kabupaten Seluma seluruhnya sudah menerima penyaluran dana desa untuk penanganan COVID-19 yaitu sebesar Rp. 11.286.818.640”, ujar Wabup.

Wabup juga menjelaskan selain dari penyaluran dana desa dalam rangka penanganan COVID-19 yang sudah tersalur 100%, juga menyampaikan kondisi pengelolaan dana desa yang diterima Kabupaten Seluma di tahun anggaran 2021.

Ketua Satgas Saber Pungli Provinsi Bengkulu Kombes Pol. Bambang Purwanto dalam sambutannya menyampaikan kunjungan ini merupakan bagian dari pengawasan berkala yang terus dilakukan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) ke seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu.

“Tujuan tim dalam rangka monitoring penggunaan dana desa dan APBD Kabupaten yang dialokasikan untuk penanganan COVID-19 tahun 2021”, ujarnya. (Mihin)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed