oleh

Lakukan PMPSM, KASN dan Pemkot Gelar Rakor

Bengkulu kota.seribufakta.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tengah bersiap melakukan Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit (PMPSM). Untuk mematangkan persiapan tersebut, Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Arif Gunadi melakukan pertemuan dan mengelar rakor dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang dihadiri oleh Asisten KASN Mugi Syahriadi bersama tim analisis kebijakan yang berlangsung di ruang kerja Sekda, Selasa (28/9/2021).

Sebagai informasi, sistem Merit sendiri ialah sebuah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi.

Dalam hal ini, Asisten KASN Mugi Syahriadi mengatakan tujuan dari pertemuan selain mengedukasi, juga untuk memantau sejauh mana pemahaman Pemkot terhadap pengimplementasian sistem merit.

“Kita ingin tahu sejauh mana pengimplementasian Pemkot terhadap sistem merit ini dan melihat akselerasinya,” ungkap Mugi.

Mugi menambahkan kegiatan ini sifatnya berkelanjutan, dari tahap awal hingga bagaimana pengisian penilaian mandiri dan pemahaman dari masing-masing aspek.

“Sifatnya  berkelanjutan, saat ini masih tahap awal, pembinaan, pemahaman, dan edukasi terhadap bagaimana pengisian penilaian mandiri serta pemahaman dari masing-masing aspek. Setelah dilakukan penilaian mandiri, baru verifikasi dan paling cepat 1 bulan serta klarifikasinya, apakah sudah tepat atau ada yang mau ditanggapi,” jelasnya.

Mewakili Sekda, Asisten III M Husni mengatakan Pemkot akan segera melengkapi aspek yang belum lengkap, agar dapat naik ke level 4 penilaian terbaik.

“Ya, nanti kita lihat dulu beberapa aspek yang belum lengkap, dan akan segera dilengkapi,” ujar Husni.

Adapun 8 aspek yang menjadi kriteria penilaian mandiri sistem merit pada aplikasi SIPINTER ialah perencanaan kebutuhan pegawai, pengadaan, pembinaan karir dan peningkatan kompetensi, mutasi, rotasi dan promosi, pengelolaan kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan serta sistem pendukung.

Turut hadir dalam kegiatan ini ialah Staf Ahli SDM dan Kesra Tony Elfian, Kepala Inspektorat Eka Rika Rino, Kepala BKPP Achrawi, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Arminal Nova Putra, Analisis Kepegawaian BKPP Berlian serta beberapa perwakilan OPD terkait.(rilis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed