oleh

Launching TNI Manunggal KB dan PKK KB

Argamakmur.seribufakta,com – Berdasarkan Undang – undang No 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sebagai dasar pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana menekankan kewenangan badan kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) tidak hanya terbatas pada masalah pembangunan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera saja, namun juga menyangkut masalah Pengendalian Penduduk,hal ini di ungkapkan kepala dinas DPPKB Bengkulu Utara melalui Sekretaris Lasmawati di ruang kerjanya Jum,at 20/3/2020.

Lebih lanjut Lasmawati mengatakan keberhasilan program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) akan menghasilakan sumber daya manusia yang tangguh dan meningkatkan derajat ketahanan nasional serta mampu memberikan jaminan terhadap kesinambungan pembangunan nasional, yang pada akhirnya akan mampu secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan ini sejatinya harus memiliki mitra kerja kesemua sektor instansi agar dapat mewujudkan apa yang dinginkan bahkan kesemua sektor tersebut juga dapat dilakukan mitra kerja tahunan bahkan terjadwal. salah satu mitra kerja program Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yakni adalah :

Dengan melalui kegiatan yang tertuang dalam kegiatan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan. Bakti sosial TNI Manunggal KB kesehatan adalah salah satu bentuk Kontribusi. TNI dan BKKBN serta mitra kerja lainnya untuk membangun kependudukan. Indonesia agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia, sehingga bangsa Indonesia secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur.

Selain itu dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan dan peran serta masyarakat terhadap perkembangan keluarga kecil, keluarga sejahtera. PKK Mempunyai peran yang sangat penting. ketua TP.PKK kabupa ten Bengkulu Utara mengingatkan sesuai TPP.PKK dimanapun berada, baik PKK Desa, kelurahan, Kecamatan se Kabupaten Bengkulu Utara harus berperan aktif dalam meningkatkan peran keluarga berencana (KKBPK).

Keutamaan 10 program pokok PKK, fungsi keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera untuk dapat terus di optimalkan. dampak positif yang di hasilkan dari kegiatan dengan PKK adalah: mengedukasi kepada Ibu-Ibu/ masyarakat PUS, agar bisa mewujudkan tingkat kelahiran dan kematian ibu dan bayi dalam rangka mewujudkan manusia berkualitas.

Adapun pelaksanaan kegiatan di tahun 2016 launching TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Kabupaten Bengkulu Utara dilaksanakan di Desa Fajar Baru Kecamatan Ketahun yang diikuti oleh Bupati Bengkulu Utara.

Kegiatan ini di ikuti Oleh Masyarakat Kecamatan Ketahun dan diikuti oleh berbagai Instansi pemerintahan seperti  TNI dari kodim Puskesmas Ketahun, Rumah sakit Lagita Ketahun, Tokoh masysrakat adat dan Agama.

Kemudian di tahun 2017 launching PKK KB Kesehatan tingkat Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2017 di desa Suka Makmur Kecamatan Marga Sakti Sebelat dibuka oleh bupati Bengkulu Utara

Sedangkan di tahun 2018 launching TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2018 di desa Padang Jaya kecamatan Padang Jaya.

Penggunaan Implant sebanyak 150, IUD 5, suntik 26, PIL 10, Pencabutan 9, Kondom 2.

Selanjutnya juga di adakan Kegiatan Penutupan TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Provinsi dilaksanakan di kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya ditutup oleh Korem 041 GAMAS Provinsi Bengkulu.

Begitupun di tahun 2019 launching TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Bengkulu Utara di kecamatan Hulu Palik. Kegiatan Ini dibuka Oleh Wakil Bupati Arie Septia Adinata dan Kodim 0423 Bengkulu Utara.

Adapun target yang dicapai dalam kegiatan ini ,Program ini dilaksanakan guna mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat dan menekan laju pertumbuhan penduduk.

Adapun instansi yeng terlibat di kegiatan ini adalah :

  1. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkulu Utara
  2. KODIM 0423 Bengkulu Utara
  3. PKK Kabupaten Bengkulu Utara
  4. Puskesmas Ketahun
  5. RSUD Lagita Ketahun
  6. RSUD Argamakmur
  7. Puskesmas Padang Jaya
  8. Puskesmas Hulu Palik
  9. Puskesmas Marga Sakti Sebelat
  10. Dan instansi lainnya

(Adv)

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed