oleh

Lestarikan Budaya Rejang PemKab Kepahiang Gelar Festival Umbung Kutei 

Kepahiang,seribufakta.com – Wakil Bupati Kepahiang H. Zurdi Nata, S.Ip membuka kegiatan festival budaya “Umbung Kutei” di halaman Tourism information center (TIC)/Rumah Adat Kepahiang. Kamis (16/11/2023).

Festival budaya Umbung Kutei merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Kepahiang.

Disampaikan Kepala Dinas Dikbud Kepahiang Nining Fawely Pasju, Umbung Kutei memiliki makna Berkumpulnya segenap orang-orang Marga Merigi dan Marga Bermani Ilir atas dasar pertalian kehendak, cita-cita yang sama dan semangat gotong royong untuk mewujudkan sebuah hajatan budaya yang penuh dengan kegembiraan dan akan selalu dikenang.

“Kegiatan ini insya Allah akan menjadi kegiatan tahunan pemerintah kabupaten Kepahiang dalam rangka melestarikan budaya rejang. Karena didalam festival ini akan ada rangkaian kegiatan adat rejang sampai dengan tari kejei,” ungkap Nining.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepahiang H. Zurdi Nata menyambut baik festival budaya Umbung Kutei ini. Menurutnya kegiatan ini perlu dilestarikan agar makna yang terkandung dalam Umbung Kutei ini tidak hilang.

“Kita (pemerintah) menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya kita melestarikan adat dan budaya rejang,” singkat Wabup.

Dalam festival budaya Umbung Kutei ini ada juga pameran berupa makanan tradisional Kepahiang, pertunjukan fashion show, dan lomba desain batik diwo khas Kepahiang,(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *