oleh

Menjelang Ramadhan Pemdes Gunung Terang Bagikan BLT DD ke 99 KPM

Kaur.seribufakta.com – Sambut bulan suci penuh berkah 1443 H, pemerintah desa gunung terang, kecamatan Kinal Kabupaten Kaur provinsi bengkulu realisasikan BLT DD, 99 keluarga penerima manfaat ( KPM ) perdana tiga bulan, dari bulan Januari, pebuari dan maret tahun anggaran 2022, Jumaat( 01/04/2022 ).

Dana desa direalisasikan oleh pemerintah yang dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tidak lain mengutamakan, mensejahterakan, dan pemberdayaan masyarakat, terutama desa tertinggal yang telah diatur dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014.

Yang telah diubah dalam peraturan pemerintah nomor 22 tahun 2015 tentang perubahan peraturan atas peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari APBN dan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan kedua diatas.

Dengan Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa adalah peraturan menteri dalam negeri yang keluar berbarengan dalam segepok peraturan menteri dalam negeri yang kejar tayang, dan dilemparkan oleh menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo pada Desember tahun 2014.

Menimbang, bahwa untuk melaksanakan ketentuan pasal 131 ayat 1 peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dan PERMENDES PDTT nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan yang partisipatif dan berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Serta permendes nomor 13 tahun 2020 tentang penggunaan dana desa dengan
PMK: 222/017/2020 tentang penggunaan dana desa tahun 2021.

Yang turunannya tentang pelaksanaan dan pengelolaan dana desa nomor 7 tahun 2021 terkait pemerataan dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Serta peraturan presiden ( Perpres ) nomor 104 tahun 2021 tentang penggunaan dana desa ( DD ) tahun anggaran 2022.

Berlandaskan undang-undang, peraturan pemerintah (PP), permendes dan perpres tahun 2021, pemerintah desa ( Pemdes ) gunung terang kecamatan Kinal Kabupaten Kaur, realisasikan BLT DD pada 99 keluarga penerima manfaat (KPM) tiga bulan, dari bulan Januari, pebuari dan maret.

Selanjutnya, pejabat nomor satu desa gunung terang ini dalam sambutannya dibalai desa setempat menghimbau, bagi KPM BLT DD, dimohon kesadaranya, yang merasa belum divaksinasi covid-19, diharapkan untuk melakukan vaksin demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona covid-19.

Berdasarkan aturan pemerintah dan hasil musyawarah mufakat ( Musdes), bagi keluarga penerima manfaat ( KPM ) yang sebelumnya memakai steker bukti penerima BLT DD, kalau untuk tahun 2022 ini beralih ke rumahnya disemprot bukti bagi penerima BLT DD KPM.

Yang belum siap menerima rumahnya disemprot berdasarkan aturan pemerintah, KPM BLT DD dimohonkan memberikan surat pernyataan pengunduran diri dari KPM. ucap kepala desa Adi Maryanto.

Hadir dalam realisasi 99 KPM BLT DD tahun 2022, seluruh perangkat desa, pendamping desa, ketua BPD dalam hal ini dihadiri wakil ketua BPD dan anggota, babinkantibmas, tim tenaga kesehatan ( Nakes ) gedung wani kecamatan kinal, babinsa, dan linmas desa setempat serta 99 KPM BLT dana desa (DD). ( Samsudin ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed