oleh

Mukomuko Mulai Tahapan Pemilihan BPD di 129 Desa

Mukomuko.seribufakta.com – Selain akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Kabupaten Mukomuko pada 2020 mendatang bakal melaksanakan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) secara serentak di 129 desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Bahkan untuk pemilihan BPD di 129 desa di Mukomuko ini tahapannya akan dimulai pada bulan Desember 2019 ini. Sebagaimana diungkapkan Kabid Pemdes DPMD Mukomuko, Eka Purwanto, S,IP., M.Si. kemarin.

“Tahapan pemilihan BPD ini akan segera kita mulai Desember ini, seperti pembentukan panitia, pendataan dan penetapan mata pemilih, kita mulai di bulan Desember ini,” kata Eka.

Dilaksanakannya pemilihan BPD serentak di 129 desa di Mukomuko ini lantaran masa jabatan BPD di desa-desa itu akan berakhir pada Maret 2020 mendatang.

“Proses pemilihan atau pencoblosannya kita targetkan bulan Januari 2020, yang jelas awal 2020,” ujarnya.

Kata Eka, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada 129 desa yang akan melaksanakan pemilihan BPD pada awal 2020 mendatang. Sosialisasi ini dilakukan untuk menjelaskan tentang mekanisme pemilihan BPD. Salah satu diantaranya harus ada keterwakilan perempuan pada lima anggota BPD di masing-masing desa.

“Termasuk untuk biaya pemilihan BPD ini kita minta kepada desa untuk menyiapkan di APBDes masing-masing,” pungkasnya.

 

(Mc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *