oleh

Pemdes Air Sempiang Seluruh Ruas Jalan Lingkungan Desa,Tuntas dibangun dari Dana Desa

Kepahiang,seribufakta.com –  Pemerintah Desa Air Sempiang kecamatan Kabawetan kabupaten Kepahiang telah menuntaskan seluruh  pembangunan  ruas Jalan lingkungan Desa yang dibangun dari alokasi Dana Desa.telah selesai baik Jalan Lingkungan Ppros dan maupun Jalan Gang .Terakhir, pada DD Tahun 2023 membangun sepanjang 232 Meter yang terdiri Jalan Poros dan Jalan Lorong .

Fisik Jalan Rabat Beton berupa jalan Poros dengan  lebar 3 meter dan Jalan Lorong/gang dengan Lebar  2,5 meter. Kegiatan dimulai ditahap 1 dan tahap 2,lokasi Pembangunan berada didusun IV ,sehingga seluruh jalan linggkungan didesa air Sempiang tuntas dan Mulus seluruhnya pada Tahun 2023

Selanjutnya,jika penerimaan Dana Desa mulai tahun 2024 ,untuk pembangunan  Infrastruktur jalan lingkungan sudah Tuntas ,Maka program diarahkan pada wilayah calon perluasan permukiman ,dan fokus untuk Pembangunan Jalan Usaha Tani yang membuka Akses ke areal perkebunan atau lahan pertanian yang dimiliki Masyarakat.

Hal ini disampaikan Mugianto Kepala Desa Air Sempiang Rabu,2/8/2023 dikantornya

Kepala Desa Mugianto yang memimpin Desa sejak 2019,  mengukapkan bahwa penuntasan Jalan Lingkungan Desa menjadi Mulus hanya dengan target selama 3 Tahun ,tetapi karena masalah Covid Planning Pemdes air sempiang menjadi Terlambat dan akhirnya juga dapat kami selesaikan seluruhnya dan Tuntas pada Tahun 2023 ini,ungkapnya

Selanjutnya, selain pada pembangunan Fisik dilaksanakan dari Alokasi Dana Desa, kegiatan lainnya sesuai Peraturan Alokasi DD dilaksanakan pada Program Ketahanan Pangan sebesar 20 persen dari DD.kegiatan yang TPK laksanakan adalah Program Nabati dan Hewani sehingga kesepakatan musyawarah masyarakat dipilih penggemukan Sapi,tetapi kegiatan masih belum terlaksana dan masih harus dilakukan musyawarah kembali oleh Masyarakat agar programnya berhasil.

Lanjut Mugianto,mengatakan selain pada Kegiatan Infrastruktur Jalan lingkungan, Penggemukan Ternak sapi,.penyaluran BLT DD kepada 34 KpM dan telah terlaksana untuk 7 bulan dan sisa 5 bulan BLT DD disalurkan kepada kpm pada waktu Dana masuk Kerekening Desa.

Sosialisasi stunting, dilaksanakan oleh PKK Desa Air Sempiang dan pemberian materi dari bidang Kesehatan.yang peserta Sosialisasi yakni Balita,Ibu hamil, dan calon pengantin dengan Makan tambahan /Gizi, kegiatan lainya  membantu pemberian Honor bagi petugas perpustaakan.

Ditambahkan Jika Perpustakaan Desa Air Sempiang sudah digalakan program “Minggu Baca” peminatnya Anak anak SD dan ada juga Masyarakat Umum. dengan tujuan mendorong peningkatan kualitas Anak Untuk meningkatkan minat baca yang kebenarannya Perpustakaan diDesa Air Sempiang adalah Mitra Perpustakaan Pusat.(H24)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *