oleh

Pemerintah Desa Karang Endah Bangun Jalan Usaha Tani dan Rehabilitasi Irigasi

Kepahiang.seribufakta.com – Pemerintah Desa Karang Endah kecamatan Kepahiang kabupaten kepahiang provinsi Bengkulu terus geliat melakukan peningkatan pembangunan infrastruktur melalui penerimaan Dana Desa transfer pusat yang merupakan pendapatan asli Desa.Pada tahun anggaran 2023,anggaran Dana Desa dialokasikan pada pengerasan Jalan usaha tani,serta kegiatan merehabilitasi irigasi persawahan rusak.

Pembangunan fisik yang dilaksanakan adalah pengerasan Jalan usaha tani (JUT) dan pembangunan pelapis tebing kegiatan hanya 1 Paket .
Pelaksanaan Kegiatan JUT dan pelapis tebing mencapai progres pada tahap I 70 persen. tahap II sekarang  ini sedang berlangsung penyelesaian pekerjaan fisik oleh TPK Desa.besaran Dana Desa  lebih kurang 600 Juta.pelaksanaan semua kegiatan dilakukan berdasarkan rencana kegiatan yang telah ditetapkan di APBDesa 2023

Hal ini disampaikan kepala desa karang endah Dedy Haryanto kamis ,21/9/2023 dibalai Desa Karang Endah

Sementara kegiatan lain dari dana Desa adalah dialokasikan terhadap program ketahanan Pangan sebesar 20 persen dari DD,.kegiatan pembangunan yang diputuskan secara musyawarah pada penetapan APBDES 2023 difokuskan untuk merehabilitasi Irigasi sawah yang rusak.diketahui bahwa luas hamparan Sawah diwilayah Desa Karang Endah Kecamatan Kepahiang ada lebih kurang mencapai 400 Ha.

Selain pembangunan fisik,alokasi Dana Desa (DD ) diarahkan pada pemberian  Bantuan Langsung Tunai.Ada 18 (KPM) Keluarga penerima manfaat masyarakat Desa karang Endah tahun 2023 tercatat sebagai penerima BLT-DD masa waktu untuk 12 bulan.BLt DD telah disalurkan untuk 9 bulan,dan tersisa  3 bulan lagi.

Lanjut Dedy  mengatakan bahwa dalam Pengelolaan Dana Desa,Pemdes Karang Endah Regulasi ,dan hasil musyawarah  masyarakat Desa tentang rumusan program Pembangunan yang hendak dilaksanakan harus skala prioritas dan berdasarkan kebutuhan dengan melihat potensi yang dimiliki di Desanya.

Dicontohkan ,atas adanya Kerusakan irigasi yang mencapai hamparan 400 ha di Desa karang endah ,tentu hal ini tidak bisa dibiarkan ,sehingga alokasi DD dari ketahanan pangan 20 persen diarahkan untuk perbaikan rehabilitasi saluran Irigasi.kegiatan merehab saluran irigasi yang rusak tersebut dijadwalkan pada penerimaan Dana Desa  tahapan Ke- 3 pekerjaan fisik secara  padat karya oleh warga masyarakat Desa,.

Dedy,menambahkan kegiatan lain yang dilaksanakan dari anggaran Dana Desa  adalah melaksanakan sosialisasi dan pencegahan stunting.Pemerintah Desa setiap bulan diposyandu memberikan tambahan makanan /Gizi kepada anak Balita,Ibu Hamil dan lanjut usia,.(H24)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *