oleh

Pemkab BU Ekspose Pembangunan Kawasan Pedesaan Tahun 2019

Argamakmur.seribufakta.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan Ekspose Pembangunan Kawasan Pedesaan Tahun 2019 Kabupaten Bengkulu Utara, di Ruang Pola BPKAD, Kamis (26/12/2019).

Bupati Bengkulu Utara dalam hal ini diwakili oleh Eka Budiarti Kepala Bagian Pembangunan Setdakab Bengkulu Utara menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara terus berupaya meningkatkan pengembangan pembangunan desa di Bengkulu Utara.

Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP) juga dilakukan dengan mempertimbangkan potensi yang ada pada suatu kawasan, sehinggga mampu memberikan keuntungan bagi lingkungan di sekitar kawasan.

“Tidak membatasi adanya kawasan baru ataupun perluasan wilayah, karena dengan munculnya kawasan-kawasan baru kita harapkan akan dapat mengurangi kesenjangan antar wilayah.” jelas Eka Budiarti.

Disampaikannya, capaian pembangunan PKP Agro Mina Politan Padang Jaya Tahun 2019 yakni berupa bantuan sarana air bersih, pembangunan embung/penampungan air, bantuan sarana kegiatan Bumdesma, kegiatan Usaha berbasis komunitas, pengembangan pasar kawasan (antar desa), Kegiatan RTM, Pengenbangan perikanan paska panen.

Untuk diketahui, ekspose pembangunan kawasan desa dilaksanakan sesuai dengan arahan presiden terhadap pembangunan infrastruktur “menyambungkan infrastruktur besar dengan kawasan-kawasan produksi rakyat, kawasan indsutri kecil, kawasan ekonomi khusus, kawasan pariwisata, kawasan persawahan, kawasan perkebunan, dan tambak perikanan dan juga undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“Bahwa tujuan pembangunan kawasan perdesaan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan,”tuturnya.

Acara turut dihadiri oleh segenap Kepala OPD Bengkulu Utara, Camat wilayah pedesaan BU, pendamping kawasan Kabupaten BU, Kepala Desa Kawasan Pedesaan BU.

 

(MC)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *