oleh

Pemkab Mukomuko Kembali Terima Bantuan 43 Unit Alsintan dari Kementerian Pertanian RI

Mukomuko.seribufakta.com – Pemkab Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini kembali menerima bantuan sedikitnya 43 unit alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI.

“Kami baru beberapa hari ini menerima pengiriman bantuan sebanyak puluhan alsintan. Alsintan ini bantuan dari pemerintah pusat,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Dilansir dari ANTARA, Ia menyebutkan sebanyak puluhan alsintan bantuan pemerintah ini yakni kultivator atau mesin pengolah lahan pertanian sebanyak 21 unit, pompa air sebanyak 15 unit dan tujuh unit Combine Harvester atau mesin pemanen padi.

Instansinya sebelumnya menerima pengiriman bantuan sebanyak 21 unit cultivator dan15 unit pompa air dari pemerintah pusat kemudian selanjutnya bantuan tujuh unit Combine Hervester.

Ia menyatakan, daerah ini tidak hanya menerima bantuan alsintan dari pemerintah pusat, tetapi juga menerima tiga unit hand traktor dan tiga unit pompa air dari pemerintah provinsi setempat.

Namun sampai sekarang belum ada kelompok tani di daerah ini yang telah ditetapkan sebagai calon petani dan calon lokasi yang menerima bantuan alsintan baik dari pemerintah pusat.

“Kalau bantuan alsintan dari pemerintah provinsi setempat sudah ada calon petani dan calon lokasi tetapi belum ada surat keputusan penetapan kelompok tani penerima bantuan tersebut,” ujarnya.

Sedangkan bantuan alsintan dari pemerintah pusat, ia mengatakan, proses penetapan penerima bantuan alsintan ini melalui tahapan proposal permohonan bantuan alat mesin pertanian dari kelompok tani di daerah ini, setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi data kelompok tani.

Instansinya menetapkan calon kelompok tani sebagai penerima bantuan alsintan ini berdasarkan hasil verifikasi data kelompok tani yang mengusulkan permohonan alsintan kepada instansi ini.

Ia menjelaskan, bantuan sebanyak puluhan alsintan dari pemerintah pusat maupun provinsi setempat ini tidak untuk lahan pertanian meliputi tanaman pangan dan holtikultura.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *