oleh

Pemkab Mukomuko,Kebutuhan Konsumsi Masyarakat Setiap Tahun Sebanyak 19.310,45 Ton

Mukomuko.seribufakta.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Ketahanan Pangan mengungkapkan bahwa masyarakat Kabupaten Mukomuko setiap tahunnya membutuhkan beras untuk konsumsi sekitar 19.310,45 ton. Dengan kebutuhan sejumlah tersebut, telah disesuaikan dengan jumlah penduduk Kabupaten Mukomuko yang mencapai 185.499 jiwa.

“Konsumsi per kapita setiap tahunnya sekitar 104,1 kg. Dengan jumlah penduduk 185.499 jiwa, jadi untuk kebutuhan beras di Kabupaten Mukomuko menembus 19 ribu ton lebih,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko, Junaidi, SP kemarin.

Lanjutnya, masyarakat tidak perlu khawatir. Dipastikan ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan terpenuhi. Bahkan tanpa harus memasokkan beras dari luar daerah. Cukup dengan beras yang dihasilkan petani Mukomuko, karena selama setahun produksi beras mencapai 56.824 ton. Dalam arti kata beras yang dihasilkan petani Mukomuko melebihi yang dibutuhkan masyarakat.

‘’Adapun lebihnya hasil petani jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat di daerah ini mencapai 37.531 ton. Sedangkan yang dibutuh hanya 19 ribu ton dari produksi beras kita yang mencapai 15 ribu ton lebih,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan agar beras harus dipergunakan secara efektif untuk masyarakat Mukomuko, agar beras yang dijual tiap dibeli oleh pedagang di Kabupaten Mukomuko, tanpa harus menjual gabah keluar daerah Mukomuko.

Adapun hal tersebut dengan pengupayaan BUMDes dan BUMD milik Pemkab Mukomuko, dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai. (MC Mukomuko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed