oleh

Peringati Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun, TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI

Bengkulu.serubufakta.com – Memasuki puncak Peringatan Ke-78 Tahun Hari Juang Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Tahun 2023, Korem 041/Gamas menggelar upacara dengan Irup Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen, bertempat di Lapangan Makorem 041/Gamas, Jumat (15/12/2023).

Pada Peringatan Ke-78 Tahun Hari Juang TNI AD Tahun 2023, Korem 041/Gamas sudah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan berupa Donor Darah, ziara rombongan, pelaksanaan karya bakti, penanaman pohon dan pemberian bingkisan kepada Veteran, Warakawuri serta anak yatim secara vidcon Bersama Bapak Kasad.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 041/Gamas membacakan amanat KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.,bahwa Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan serta kedaulatan bangsa Indonesia.

Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI”. Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

KASAD dalam amanatnya menjelaskan bahwa Kemanunggalan TNI AD-rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial. Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks. Selain itu, kita juga harus berperan aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama, termasuk TNI AD. “TNI AD memiliki kemampuan dan potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam. Kita dapat berperan dalam upaya pencegahan, penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan”, jelasnya.

Lebih lanjut KASAD menyampaikan dengan semangat Hari Juang TNI AD ini, mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam. Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap sedia untuk membela keutuhan NKRI.

Mengakhiri amanatnya KASAD berpesan memasuki tahun politik tahun 2024. Belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran. Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI. Pungkasnya.

Setelah melaksanakan Upacara, dilanjutkan dengan kegiatan Pemotongan Tumpeng dan pemberian Piagam penghargaan oleh Danrem 041/Gamas yang diberikan kepada Prajurit dengan Dedikasi terbaik dan Prajurit serta anggota PNS yang sudah memasuki purna tugas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 041/Gamas, Kasi Ren Korem 041/Gamas, Para Kasi Kasrem 041/Gamas, Danlanal Bengkulu, para Dandim Jajaran, para Dan/Kasatdisjan, para Pasi Korem, para Kabalakrem dan para Prajurit dan PNS Korem 041/Gamas.(041/Gamas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *