oleh

Peringati HUT Mukomuko ke 18,Sarafal Anam Desa Arah Tiga Ikuti Lomba Seni Budaya

Lubuk Pinang.seribufakta.com – Seni Budaya merupakan suatu cara hidup yang di miliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan daerah yang di wariskan dari generasi ke generasi maka dari itu Budaya sangatlah penting dan wajib di lestarikan serta di jaga hingga bisa sampai ke anak cucu kita nantinya karena Budaya merupakan kekayaan terbesar yang mengandung nilai-nilai yang tinggi ada di dalamnya.

Menjaga Budaya berarti ikut menjaga Martabat Bangsa karena Budaya adalah bagian dari Jati diri suatu Bangsa peninggalan para Leluhur dan itu semua tugas kita bersama.

Salah satunya yakni seni Budaya Sarafal Anam yang ada di kecamatan lubuk pinang Kabupaten Mukomuko yang mana akan di selenggarakan festival dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Mukomuko yang ke-18.

Alex Naliarno,SH Anak muda kreatif adalah Ketua BPD desa Arah tiga, kecamatan lubuk pinang mengatakan dan mengungkapkan kepada media ini mengatakan,Kami sangat senang dengan di selenggarakan Festival Sarafal Anam ini, yang akan di ikuti oleh 15 kecamatan se-kabupaten Mukomuko ini.

Selain sebagai upaya melestarikan seni budaya yang ada,ini juga merupakan bentuk kecintaan kita sebagai kaum muda dan sebagai generasi penerus harus sama-sama untuk tetap menjaga beragam seni Budaya yang ada di daerah kita masing-masing.Ujarnya.

Lanjut Alex perlu kita pahami bersama, bahwa kesenian tradisional Sarafal Anam ini merupakan kesenian yang menjadi bagian seni dalam masyarakat di Provinsi Bengkulu dan juga dapat di pahami, kesenian ini di peruntukkan untuk pemeluk agama Islam yang di dalamnya banyak mengandung nilai-nilai ke-islaman.

Dan kesenian tradisional Sarafal Anam ini sering digunakan dalam pesta pernikahan adat, Khitanan, Aqiqah dan saat kegiatan hari-hari besar Islam salah satunya yakni seperti Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.pungkas Alex Naliarno, SH sambil minum kopinya.(Bbng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed