oleh

Plt.Camat Penarik Sutrisna,Siap Dukung Desa Wisata

Mukomuko.seribufakta.com
Pengembangan Desa wisata berdasarkan budaya dan potensi Alam, sangat bagus untuk desa-desa yang telah mempunyai modal utama yakni adanya wisata alam yang alami di desa yang bersangkutan karena perlu di ketahui,bahwa bila potensi wisata Alam dapat di kembangkan dan di kelola dengan baik maka hal tersebut bisa menjadi salah satu sumber PAD yang mumpuni.

Di wilayah kecamatan penarik Kabupaten Mukomuko ada beberapa desa yang telah mempunyai modal yakni Wisata Alami untuk menjadikan kawasan desa-desa wisata maka dibutuhkan peranan dari semua pihak dan semua lapisan masyarakat sangatlah di butuhkan,semua harus ikut berperan dan berpartisipasi ikut menjaga kelestarian lingkungan alam wisatanya.

Kalau hal tersebut telah tercipta,maka pemdes setempat harus cepat tanggap dan mulai membuat program perencanaan, terkait segala hal untuk menunjang sarana dan prasarana wisata alam tersebut.demikian di katakan oleh ketua forum kades kecamatan penarik Heris Triyanto kepada media ini.

Dan saya lanjut kades sudah lama punya cita-cita dan keinginan untuk menjadikan desa-desa wisata di wilayah kecamatan penarik ini,tentunya dengan dukungan dan sumbang saran dari rekan-rekan kades lainya.

Seperti dicontohkan Heris di desa saya Maju Makmur,modal Wisata alam bawaan dari alam memang tidak ada, tapi saya bertekad membuat taman buatan yakni Agrowisata dan hal itu telah kami siapkan perencanaan dan sebagian sudah mulai kita kerjakan karena keterbatasan anggaran,tentu saja kami guyur-guyur dalam pelaksanaannya.

Nah untuk mewujudkan hal tersebut tentu saja kami berharap dukungan dan suport dari semua pihak terkait dan pemerintah daerah.Ujar Heris,Kamis(15/4).

Di tempat terpisah Plt.Camat Penarik Sutrisna Imam Santosa,saat di mintai keterangan dan masukkan terkait desa wisata melalui saluran via WA beliau mengatakan yang jelas, pengembangan desa wisata tidak boleh berangkat dari keinginan pribadi atau kelompok tertentu.hal tersebut harus berangkat dari keinginan masyarakat bersama dengan lemdes setempat dengan tujuan untuk memajukan desanya sehingga bisa menjadi desa mandiri.Pungkasnya.

Saya selaku Camat akan membahas terkait hal ini kita petakan dahulu potensi desa wisata yang ada dan apa yang menjadi kendala di setiap desa tentu dukungan dari pemerintah kecamatan dan daerah akan tetap di berikan akan tetapi semua itu tentunya ada prosesnya.pungkasnya.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Kabid pariwisata Disparpora Kabupaten Mukomuko kepada media ini via WA,kami dari Dinas Disparpora Kabupaten Mukomuko akan selalu siap mendukung dan mensuport terkait pengembangan desa wisata yang ada di desa-desa wilayah Kabupaten Mukomuko ini.Hal itu tentu melaui proses dan tahapan-tahapan dan mekanisme yang di mulai dari desa.kata Kabid pariwisata Reni.(Bbng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed