oleh

Rapat Paripurna DPRD Kepahiang Setujui 4 Raperda

Kepahiang.seribufakta.com – DPRD Kabupaten Kepahiang mengesahkan 4 Rancangan Peraturan Daerah yang diselenggarakan dalam rapat paripurna yang dipimpin Andrian Defandra Wakil Ketua I DPRD. Pengesahan Raperda dilakukan setelah meminta pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD, ini setelah 3 panitia khusus DPRD Kepahiang membahas sebanyak 5 Raperda pada masa sidang ketiga tahun 2019 ini,senin 30/12.

Pertama laporan Pansus I yang dibacakan Franco Escobar yang merekomendasikan Raperda tentang pencegahan dan pengendalian penyalahgunaan dan peredaran narkoba untuk disahkan sesuai dengan amanat Undang Undang No 35 Tahun 2019 tentang Narkotika dan Permendagri No 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi pencegahan,pemberantasan dan prekusor Narkotika.

Pansus II disampaikan Maryatun dimana pansus berkesimpulan menolak Raperda tentang BUMD karena pansus berpendapat Pemerintah Daerah tidak memiliki kewenangan mengatur BUMD  dalam Perda mengingat dalam Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP 54 Tahun 2017 tentang BUMD tidak memberi amanat tentang pendelegasian kewenangan ini dan

“Pansus II menyerahkan kepada Fraksi-fraksi DPRD untuk menentukan sikap menerima atau menolak, meski terkait dengan Raperda Irigasi ini belum diatur oleh PP berdasarkan UU no 17 tahun 2019 tentang SDA,” jelas Maryatun.

Lebih jelas, Pansus III Hendri ,A.Md dalam penyampaiannya memberikan rekomendasi untuk menyetujui kedua Raperda yang dibahas yaitu Raperda tentang penyelenggaraan penanaman Modal dan Raperda tentang RPJMD Kabupaten Kepahiang 2016-2021 dimana pansus berpendapat kedua Raperda sangat penting dan urgent di Kabupaten Kepahiang.

Disampaikan Wakil Ketua I Andrian bahwa berdasarkan pendapat fraksi-fraksi DPRD Kepahiang yang terdiri dari Fraksi NasDem, Fraksi Golkar GPPI, Fraksi Kebangkitan Bangsa dan Fraksi Demokrat Hati Nurani.

“Maka Pimpinan DPRD memutuskan dalam Surat Keputusan DPRD yang berita acara nya juga ditanda tangani Bupati Kepahiang menyetujui empat (4) Raperda dan menolak Raperda Kabupaten Kepahiang Tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).” sampai Andrian. (Ag)

4 Raperda yang disahkan DPRD Kepahiang dan disaksikan Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattulah Sjahid, MM IPU antara lain :

1. Raperda Kabupaten Kepahiang tentang pencegahan pengendalian penyalahgunaan danboeredaran gelap Narkoba

2. Raperda Kabupaten Kepahiang tentang Irigasi

3. Raperda Kabupaten Kepahiang tentang RPJMD 2016-2021

4. Raperda tentang Penyelenggaraan Penanaman Modal di Kabupaten Kepahiang.

 

(Mc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *