oleh

Semua guru PNS dan Honorer di kota Bengkulu akan Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Bengkulu kota.seribufakta.com – Sebanyak 3.300 guru di Kota Bengkulu mendapatkan penghasilan tambahan. Baik itu yang berstatus sebagai guru PNS maupun honorer.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan kota Bengkulu, Zainal Azmi menerangkan, 3.300 guru yang mendapat penghasilan tambahan, terdiri dari 2.200 guru sudah sertifikasi atau mendapatkan Tunjangan Profesi Guru(TPG), 200 guru PNS belum sertifikasi dan 900 orang guru honorer.

“Untuk guru PNS yang belum dapat sertifikasi itu menerima tambahan penghasilan Rp 250 ribu per bulan yang dibayar per tiga bulan. Sedangkan non PNS dapat tunjangan Rp 1.500.000 pertiga bulan dibayar melalui dana BOS,” kata Zainal.

Zainal menerangkan, 200 guru di Kota Bengkulu belum mendapatkan TPG atau tunjangan sertifikasi ini karena proses seleksinya yang sangat selektif.

“Kalau dulu, tesnya mudah dengan fortopolio dan sebagainya. Untuk sekarang tesnya metode mengajar, bisa menguasai belajar online, yang gaptek ya ketinggalan,” jelas Zainal kepada TribunBengkulu.com, Rabu (23/3/2022).

Zainal menambahkan, ada guru PNS dan non PNS yang mendapat tunjangan profesi guru.

Syarat mendapat tunjangan sertifikasi ini, kata Zainal juga harus mengikuti pelatihan PPG.

Selain itu jam mengajar 24 jam selama 1 minggu harus terpenuhi.

Diperkirakan, pencarian TPG triwulan I di akhir bulan April 2022. Besaran tunjangan yang didapat guru sesuai gaji pokoknya.

“Guru PNS itu bisa dapat Rp 7.000.000 sampai Rp 8.000.000 sesuai jumlah gaji dan sertifikasi yang didapat. Karena itu, harapan Zainal, dengan ada sertifikasi itu, menjadi guru profesional,” ungkapnya.(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed