oleh

Tidak Tutup Buku Akhir Tahun 2020,Ke 3 Desa akan Diperiksa Ispektorat

Seluma.seribufakta.com – Lantaran tidak menyelesaikan pembukuan keuangan pada akhir tahun 2020 atau tutup buku, tiga desa di Kabupaten Seluma akan dilakukan audit khusus pada tahun 2021.

Seperti di lansir oleh media online bencool.id ketiga desa tersebut adalah Kayu Elang, Tanjung Seru, dan Arang Sapat.

“Ketiga desa tersebut tercatat tidak melaksanakan tutup buku pada akhir tahun 2020 jadi tahun ini akan kita lakukan audit khusus,” ujar Inspektur Inspektorat Kabupaten Seluma Deddy Ramdhani, 31/1/2021.

Audit khusus dilakukan guna mengetahui apa penyebab ketiga desa itu tidak tutup buku seperti desa lainnya.

“Tutup buku itu tidak repot, cukup gampang, mereka kan hanya cukup menyampaikan berapa uang masuk, penggunaanya, dan yang masih tersisa di rekening,” jelas Deddy.

Jika setelah dilakukan audit khusus dan ditemukan adanya penyimpangan atau kerugian terhadap pengunaan Dana Desa (DD), Deddy memastikan proses akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.

“Sementara kita lakukan dulu audit, nanti jika terbukti adanya penyelewengan atau kerugian atas penggunaan DD tersebut, maka akan kita lanjutkan,” tegasnya.

Untuk sementara, lanjut Deddy, ketiga desa tersebut belum akan dikenai sanksi sampai hasil audit khusus keluar.

“Kita perkirakan audit di bulan Maret,” pungkasnya.

Dan diharapkan pihak inpektorat Kabupaten Seluma harus benar-benar mengaudit ke tiga desa tersebut serta pihak BPKP terjun langsung untuk mengaudit agar supaya ketiga desa tersebut berhati-hati dalam menggunakan dana DD harus sesuai dalam APBDes.(Arzan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed