oleh

UMINDO Inisiasi Program Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital untuk Pelaku UMKM

Bengkulu.seribufakta.com – Berdasarkan data Bank Indonesia, peningkatan volume transaksi e-commerce mencapai 99% (yoy), sedangkan peningkatan nominal transaksinya mencapai 52% (yoy).

“Peningkatan tersebut cukup berpengaruh terhadap ekosistem digital karena e-commerce merupakan platform utama ekonomi digital,” kata Pimpinan Pusat UMINDO Alisya Fianne J Sanger.

Oleh karenanya, Perkumpulan Pengusaha Mikro Kecil Memiles Indonesia yang menamakan dirinya UMINDO ini menargetkan pendampingan kewirausahaan berbasis digital kepada 10.000 UMKM se-Indonesia. Hal ini sangat penting dilakukan supaya produk-produk unggulan yang diproduksi para pelaku UMKM bisa dijangkau oleh calon pembeli di seluruh Indonesia.

“Apa lagi seperti di masa pandemi Covid-19, pelaku UMKM sangat mengalami dampak yang sangat serius dan penurunan omset penjualan. Jika hal ini tidak segera ditangani maka resesi ekonomi semakin parah dan porak-poranda. Untuk itulah UMINDO menginisiasi program pelatihan kewirausahaan berbasis digital yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM dan masyarakat umum,” kata Alisya saat bertemu dengan Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Talkah Badrus belum lama ini.

Alisya menambahkan, menyiapkan dan memperbesar kapasitas sumber daya manusia khususnya di bidang entrepreneur merupakan solusi yang tepat dan cepat terhadap pemulihan ekonomi. Literasi entrepreneur harus dipopulerkan dan digalakkan di tengah masyarakat, di mana pasar lapangan pekerjaan kini sangat terbatas.

Tak hanya itu, upaya ini juga untuk membantu pemerintah dalam menciptakan peluang kerja dan usaha.

“UMINDO juga telah menyiapkan pendampingan platform digital promosi dan iklan penjualan sehingga membantu dan mempermudah produk UMKM lebih mudah diterima oleh pasar, sehingga omset penjualan bisa meningkat,” demikian Alisya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed