oleh

Wakil Ketua TP PKK Sumsel Kunjungi Desa Sinar Rambang

Prabumulih.seribufakta.com – Kunjungan tim beserta wakil Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, (PKK) Provinsi Sumatera Selatan dan penilaian lomba 10 program PKK tingkat Provinsi di desa Sinar Rambang kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) berjalan dengan lancar, Selasa 14, Juni 2022.

Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj Fauziah1 Mawardi Yahya dan Ketua TP-PKK Kota Prabumulih Ir.Hj.Suryanti ngesti rahayu ridho Wakil Ketua TP-PKK Kota Prabumulih Hj.Reni Indayani,S.Km.  beserta tim penilai mendatangi Desa Sinar Rambang.

Kedatangan mereka untuk menilai 10 Program PKK yang sudah di lakukan dan di laksanakan di Desa Sinar Rambang yang sudah berlangsung selama ini.

Saat melakukan sambutan Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya mengatakan, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, (PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Negara Republik Indonesia. Pemerdayaan ini mempunyai sepuluh (10) aprogram yang mendasarinya yaitu,

1.   Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
2.   Gotong Royong
3.   Pangan
4.   Sandang
5.   Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
6.   Pendidikan dan Keterampilan
7.   Kesehatan
8.   Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
9.   Kelestarian Lingkungan Hidup
10. Perencanaan Sehat

Sepuluh program inilah yang sedang di gencar gencarkan dan di sosialisasihkan di seluruh kelompok PKK salahsatunya di Desa Sinar Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah. Tegasnya.

Untuk penilainnya sendiri kami serahkan kepada tim penilai dari Provinsi dan kami juga sangat menekankan kepada Masyarakat beserta tim PKK Desa ini tenta STUNTING karena stunting dapat mempengaruhi kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

Saat di konfirmasi Hamidah sebagai ketua PKK Desa Sinar Rambang mengatakan bahwa Tim PKK Desa ini sudah banyak mensosialisasikan 10 Program yang telah kali pelajari.

Hamida yang juga istri Kepala Desa Sinar Rambang ini menjelaskan 10 program PKK ini sudah dilaksanakan semaksimal mungkin, ” 10 Program tutunan beserta rujukan kegiatan PKK ini kami sosialisasikan ke Masyarakat desa dengan cara mengumpulkan kelompok beserta seluruh ibu ibu PKK yang ada dan di latih keterampilan”.

Keterampilan seperti mengelola nanas beserta daunya menjadibahan bahan yang bisa di kosumsi berserta di pakai untuk sehari hari dan kami juga menjual dan memasarkan siruo nanas dodol yang terbuat dari nanas beserta selai nanas . Ujarnya .

Harapan kami dengan adanya penilaian ini tim PKK Desa Sinar Rambang ini dapat terpili menjadi juara dan diharpkan dapat memacu warga untuk menjadi keluarga yang sehat jasmani dan rohani. Tutup nya .(Tufik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *